Ratusan Polisi Rapid Test Jelang Pilkada Tangsel, 14 Orang Reaktif

Mereka langsung tes usap tak bisa bertugas jaga TPS

Tangerang Selatan, IDN Times - Dua hari jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan, ratusan anggota polisi penjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Pamulang jalani rapid test massal.

Mereka menjalani rapid test di Puskesmas Pamulang, Senin (7/12/2020) untuk memastikan kesiapan pengamanan jelang Pilkada Tangsel, 9 Desember besok.

Baca Juga: Kecewa Debat Pilkada Tangsel, LPA: Isu Anak Kalah Sama Daun Kelor

1. Sebanyak 14 polisi reaktif

Ratusan Polisi Rapid Test Jelang Pilkada Tangsel, 14 Orang ReaktifRatusan Polisi jalani Rapid Tes di Pamulang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Dari uji rapid test itu 14 anggota polisi diketahui reaktif. Mereka, kemudian langsung melakukan tes usap untuk memastikan positif terpapar COVID-19 atau tidak.

"Sebelumnya ada tujuh yang reaktif, terus nambah tiga orang jadi ada 10 yang reaktif dan langsung dites swab," kata salah seorang petugas medis yang melakukan swab test kepada polisi di Puskesmas Pamulang, Senin (7/12/2020).

2. Rapid test masal dilakukan atas permintaan Polres Tangsel

Ratusan Polisi Rapid Test Jelang Pilkada Tangsel, 14 Orang ReaktifRatusan Polisi jalani Rapid Tes di Pamulang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Sementara itu, Kepala Puskesmas Pamulang Fitria Oriza menyebut, rapid test itu diikuti 236 polisi yang bakal bertugas di delapan kelurahan di Kecamatan Pamulang.

Menurutnya, rapid test massal itu dilakukan setelah adanya permintaan dari Polres Tangsel ke Dinas Kesehatan untuk memastikan sehat dan tidak terpapar COVID-19 saat bertugas di TPS nanti.

"Mereka nanti tersebar di 8 kelurahan untuk pengamanan di TPS, tentunya harus dijamin kesehatannya jadi rapid dulu. Tapi yang ternyata reaktif, langsung kita swab hari ini juga," kata Fitria ditemui di ruangannya, Senin (7/12/2020).

3. Jika hasil rapid test reaktif petugas polisi tak bisa bertugas jaga TPS

Ratusan Polisi Rapid Test Jelang Pilkada Tangsel, 14 Orang ReaktifRatusan Polisi jalani Rapid Tes di Pamulang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Fitria belum dapat memastikan ada berapa anggota polisi yang reaktif dan melakukan tes usap lantaran prosesnya masih berjalan.

Fitria menuturkan, jika hasil rapid test-nya reaktif, para anggota polisi di Kecamatan Pamulang itu tidak diperbolehkan bertugas di TPS hingga hasil swab test-nya diketahui.

"(Kalau reaktif) Langsung isolasi mandiri dan tidak ditugaskan di pilkada. Hasil tes swab akan dikirim ke Labkesda, kemudian diketahui 4-5 hari mendatang. Sampai hasilnya diketahui, maka harus isolasi mandiri," kata Fitria.

Baca Juga: Jutaan Surat Suara Pilkada Tangsel Sudah Tiba

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya