Sebelum Daftar PPDB, Ortu di Kota Tangerang Diimbau Daftar Pra-PPDB

Apa saja syarat dan bagaimana caranya? Nih simak

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang tengah mempersiapkan pelaksanaan PPDB SMP Negeri yang akan dimulai pada 26 Juni mendatang. Saat ini pun, Pra-PPDB tingkat SMP pun sudah dibuka sejak 11 April lalu dan akan berakhir hingga 12 Juli mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang Jamaluddin mengungkapkan, Pra-PPDB merupakan proses pendaftaran awal calon peserta didik, dengan cara meng-input atau melengkapi biodata calon peserta didik dan mengupload dokumen kelengkapan yang dipersyaratkan.

Baca Juga: PPDB SMA/SMK di Banten, Pj Gubernur: Jangan Ada Siswa Titipan

1. Sebelum ikut PPDB, orantua siswa diimbau ikut Pra-PPDB

Sebelum Daftar PPDB, Ortu di Kota Tangerang Diimbau Daftar Pra-PPDBSiswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Jamal mengatakan, petugas akan melakukan verifikasi data calon peserta didik untuk mendapatkan Personal Identification Number (PIN). Petugas akan memberikan PIN melalui pesan whatsapp ke nomor yang diinput orang tua atau wali murid saat menguopload kelengkapan dokumen.

Bagi para orangtua calon siswa yang ingin mendaftarkan anaknya ke SMP Negeri di Kota Tangerang, diimbau lebih dulu memastikan telah mendaftar Pra-PPDB sesuai dengan aturan, persyaratan dan kelengkapan yang ditetapkan.

"Langkah ini perlu dilakukan, sebagai langkah singkronisasi pendataan data kependudukan,” kata Jamal, Senin (19/6/2023).

2. Ini laman Pra-PPDB SMP di Kota Tangerang

Sebelum Daftar PPDB, Ortu di Kota Tangerang Diimbau Daftar Pra-PPDBIlustrasi PPDB di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Jamal menuturkan, bagi para orang tua calon siswa bisa mengakses pendaftaran Pra-PPDB melalui website di prappdb.tangerangkota.go.id. Diimbau, orangtua atau wali murid untuk segera melakukan pendaftaran Pra-PPDB sebelum PPDB resmi dibuka.

"Hal ini dilaksanakan karena Dinas Pendidikan tidak lagi mendapatkan data kependudukan karena seluruh data kependudukan saat ini kewenangan untuk memberikan akses kepada instansi lain hanya dilakukan oleh Kemendagri," jelasnya.

3. Ini syarat dokumen yang diperlukan

Sebelum Daftar PPDB, Ortu di Kota Tangerang Diimbau Daftar Pra-PPDBilustrasi dokumen-dokumen kertas yang berantakan (unsplash.com/andrewilliam)

Berikut kelengkapan berkas Pra-PPDB SMP Negeri Kota Tangerang;
1. NIK
2. Nomor Kartu Keluarga
3. NISN
4. Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin
5. Nama Ibu Kandung
6. Alamat Lengkap
7. Nomor Telepon (whatsapp)
8. Asal Sekolah
9. NPSN Sekolah Asal
10. Upload Kartu Keluarga (KK)
11. Bagi lulusan luar kota Tangerang wajib Upload Rapor

Baca Juga: Festival Peh Cun Kembali Digelar di Tangerang, Nih Daftar Kegiatannya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya