Stasiun KA Merak Bakal Direlokasi, Ini Calon Lokasinya

Saat arus mudik, stasiun ini ditutup sementara

Cilegon, IDN Times - Layanan Kereta Api (KA) Lokal Merak rute Rangkasbitung-Merak hanya sampai Cilegon saja karena Stasiun Merak ditutup sementara. Stasiun ini rencananya akan direlokasi.

"(Relokasi Stasiun Merak) ke dekat pintu pintu masuk (Pelabuhan Merak)," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Wilayah Jakarta dan Banten Nur Setiawan kepada IDN Times, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga: H-7 Lebaran Stasiun Merak Ditutup, KA Hanya Sampai Cilegon

1. Relokasi Stasiun Merak merupakan usulan ASDP

Stasiun KA Merak Bakal Direlokasi, Ini Calon LokasinyaPelabuhan Penyeberangan Ketapang. (dok. PT ASDP Indonesia Ferry)

Relokasi Stasiun Merak ini merupakan usulan dari Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (PT ASDP). Menurut Nur, relokasi ini sudah masuk tahap perencanaan. 

Nur menyebut, nantinya relokasi dilakukan saat Stasiun Merak di lokasi baru sudah selesai dibangun. "Masih perlu disesuaikan dan ketersediaan tanah. (Prosesnya) Menunggu tanah tersedia," kata dia.

2. Penutupan Stasiun KA Merak hanya sampai momen arus balik

Stasiun KA Merak Bakal Direlokasi, Ini Calon LokasinyaMERAK. Pelabuhan Merak dipadati pemudik pada H-2 Lebaran 2018. Foto Twitter @NTMCLantasPolri

Terkait penutupan operasional Stasiun Merak pada masa arus mudik lebaran, Nur memastikan hal ini hanya sampai masa arus balik lebaran.

"Operasi sementara ke Cilegon dari tanggal 15 hingga 30 April. Selanjutnya menunggu surat edaran lanjut," kata dia.

3. Perjalanan KA ke Merak hanya sampai Stasiun Cilegon, tapi ada shuttle bus

Stasiun KA Merak Bakal Direlokasi, Ini Calon LokasinyaKemenhub berada di stasiun Kereta Api (dok.BKIP Kemenhub)

Sebelumnya, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menjelaskan, penutupan Stasiun Merak ini karena sedang ada pekerjaan penataan kawasan Pelabuhan Merak sehingga operasional KA Lokal Merak tidak sampai ke sana.

"Rute alternatif ini diberlakukan bertepatan juga dengan proses pekerjaan penataan kawasan pelabuhan," kata Anne pada Rabu (12/4/2023).

Meskipun tidak sampai Merak, kata Anne, KA Lokal Merak tetap bisa jadi pilihan untuk pemudik yang hendak ke Pelabuhan dan menyeberang ke Sumatra. Pihaknya akan menyediakan shuttle bus dari Damri untuk penjemputan dan pengantaran pemudik dari dan ke Pelabuhan Merak-Stasiun Cilegon.

"Nanti, disambung dengan shuttle bus, secara gratis," katanya.

Baca Juga: Jokowi Heran Harga di Pasar Cilegon Lebih Mahal dari Boyolali

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya