Sudah 4 Hari Pasien COVID-19 di RSUD Lebak Kosong

Capaian vaksinasi di Lebak diklaim menjadi sebab

Lebak, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ajidarmo Rangkasbitung di Kabupaten Lebak, tak lagi merawat pasien COVID-19. Sebab sejak empat hari terakhir, warga yang terjangkit virus corona tak ada yang masuk ke RSUD.

"Dari 45 tempat tidur yang disediakan di Ruang Anggur untuk pasien COVID-19 kini telah kosong," kata Humas RSUD Ajidarmo Rangkasbitung, dr Jauhari Assukri dikutip dari kantor berita Antara, Jumat (15/4/2022).

1. Pencapaian vaksinasi yang tinggi

Sudah 4 Hari Pasien COVID-19 di RSUD Lebak KosongIlustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Kosongnya ruang khusus perawatan pasien COVID-19 itu karena kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes). Masyarakat disebutnya selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Begitu juga cakupan vaksinasi dosis pertama dan kedua sudah di atas angka 70 persen dari total target sasaran 1 juta jiwa.

Baca Juga: Mudik, Pemkab Tangerang Targetkan 30 Persen Warganya Vaksin Booster

2. Ruang khusus COVID-19 akan dijadikan ruang umum

Sudah 4 Hari Pasien COVID-19 di RSUD Lebak Kosongilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Saat ini Satgas melayani masyarakat melakukan vaksinasi dosis ketiga atau booster di tempat- tempat umum. Dengan demikian, keberhasilan Satgas berdampak terhadap penurunan kasus COVID-19.

"Jika sepekan ke depan pasien COVID-19 itu tidak ada, maka Ruangan Anggur dikembalikan menjadi ruang pasien umum," katanya.

3. Semua pasien sudah sembuh

Sudah 4 Hari Pasien COVID-19 di RSUD Lebak KosongIlustrasi ruang Isolasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lebak, dr Firman Rahmatullah, mengatakan perkembangan kasus COVID-19 melandai dan setiap hari dilaporkan ada pasien sembuh.

Bahkan pasien COVID-19 di RSUD Ajidarmo Rangkasbitung dan Gedung BPPS yang disediakan pemerintah daerah untuk isolasi gejala ringan juga sudah kosong. "Kami minta warga tetap agar mematuhi prokes dan kemana mana agar menggunakan masker, " katanya.

Berdasarkan data COVID-19 Kabupaten Lebak hingga Kamis (14/4/2022) kemarin, tercatat 13.909 orang pasien. Sebanyak 13.658 orang dinyatakan sembuh, 26 orang isolasi, dan 225 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Capaian Vaksin Booster COVID-19 Tangerang Sekitar 17 Persen

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya