Tata Cara Bikin Bank Sampah di Kota Tangerang

Bank Sampah solusi urai masalah sampah

Kota Tangerang, IDN Times - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang, Tihar Sopian mengatakan, saat ini ada 89 bank sampah di wilayahnya. Seluruh bank sampah dikelola secara mandiri oleh warga. 

Meski demikian, kata dia, semua bank sampah itu tetap dalam pembinaan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang. Dia pun mendorong warga untuk bersedia mengelola bank sampah ini. 

Ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, jika ada warga yang ingin mengelola bank sampah. "Syarat pertama tentu harus ada kemauan untuk mengurus bank sampah ini," kata Jumat (22/9/2023).

Kedua, imbuhnya, harus ada bentuk organisasi dan lengkap dengan struktur, mulai dari ketua, sekretaris, bendahara dan lainnya. "Nanti, akan dibuatkan surat keputusan oleh Kelurahan di wilayah masing-masing untuk membuat bank sampah," kata Tihar.

Baca Juga: Daftar Bank Sampah di Tangerang untuk Misi Mulai Kelola Sampah!

1. DLH memberikan pendampingan

Tata Cara Bikin Bank Sampah di Kota TangerangIlustrasi daur ulang sampah (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Tihar mengatakan, pihaknya memberikan pembinaan kepada bank sampah, bagaimana cara untuk memanfaatkan sampah-sampah dan juga sistem yang harus dilakukan.

Selain itu, bank sampah juga dibebaskan untuk berkreasi dan membuat berbagai inovasi dari sampah-sampah yang didapatkan.

"Menekan sampah dari sumber ini memang salah satu upaya yang harus dilakukan dalam pengurangan sampah. Inovasi-inovasi harus dilakukan," kata dia.

2. Bank Sampah di Kota Tangerang bahkan sudah berprestasi

Tata Cara Bikin Bank Sampah di Kota TangerangDok. Pemkot Tangerang

Beberapa waktu lalu, kata Tihar, ada bank sampah di Kota Tangerang yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

"Yaitu Bank Sampah Darling di Kecamatan Ciledug," kata dia.

3. Sampah yang dihasilkan jangan langsung dibuang

Tata Cara Bikin Bank Sampah di Kota TangerangIlustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Tihar berharap, masyarakat Kota Tangerang dapat memanfaatkan sampah-sampah yang dihasilkan sebelum dibuang ke TPS hingga TPA Rawa Kucing.

Sehingga, tidak terjadi penumpukan sampah hingga dapat meningkatkan perekonomian warga melalui sampah-sampah yang dikreasikan agar memiliki nilai ekonomi.

"Ayo sama-sama kita manfaatkan sampah yang ada menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi. Sehingga, tidak ada penumpukan sampah yang berlebih di Kota Tangerang. Jika membutuhkan informasi lainnya tentang bank sampah, silakan menghubungi DLH Kota Tangerang melalui media sosial," ujarnya.

Baca Juga: TPA di Tangerang Dinilai Tak Sesuai SOP Pengelolaan Sampah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya