Terdampak COVID-19, Anggaran Bawaslu Tangsel Dipotong Rp1 Miliar

Sebelumnya Bawaslu sudah terima Rp9 miliar

Tangerang Selatan, IDN Times - Anggaran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan untuk pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan pada 9 Desember 2020 mendatang dipangkas hingga Rp1 miliar. Pemangkasan anggaran ini bagian dari dampak rasionalisasi anggaran COVID-19.

“Paska terbitnya Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2020 tentang Pemilihan Kepala Daerah, Pemkot Tangsel mengundang Bawaslu untuk melihat rasionalisasi anggaran,"  kata  Ketua Bawasalu Kota Tangsel, Muhamad Acep, Selasa (9/6).

Awalnya, imbuh Acep, Bawaslu Tangsel mendapat Rp12,9 miliar. Setelah ada rasionalisasi, anggaran itu pun berkurang menjadi sekitar  Rp11 miliar.

Baca Juga: Kampanye Virtual, Kris Jamrud: Pedalaman Gak Ada Sinyal

1. Ada rasionalisasi, penandatangan nota perjanjian hibah daerah diulang untuk ditandatangani

Terdampak COVID-19, Anggaran Bawaslu Tangsel Dipotong Rp1 MiliarMural Pilkada Serentak 2020 ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Dengan adanya rasionalisasi tersebut, kata Acep, penandatangan nota perjanjian hibah daerahnya (NPHD) diulang untuk ditandatangani sesuai anggaran rasionalisasi yang ditetapkan.

Menurut Acep, rasionalisasi dilakukan akibat adanya Pandemi COVID-19, karena beberapa item kegiatan pengawasan diantaranya, dihapus akibat COVID-19.

“Adanya pemangkasan ini merupakan rasionalisasi yang kami ajukan. Karena memang tidak ada kegiatannya, seperti kegiatan sosialisasi tatap langsung dan pengawasan kampanye akbar tidak ada,” kata Acep.

2. Saat ini Bawaslu telah terima Rp9 M

Terdampak COVID-19, Anggaran Bawaslu Tangsel Dipotong Rp1 MiliarIDN Times

Acep mengaku, sampai saat ini Bawaslu Tangsel telah menerima anggaran dana hibah mencapai Rp9 miliar. Sisanya, kata dia, masih menunggu keputusan dari Pemkot Tangsel.

“Dengan adanya COVID-19 ini, maka pengawasan dilakukan daring, jadi tidak ada uang transport dan uang makan,” paparnya.

3. Proses kerja online akan ketat diawasi

Terdampak COVID-19, Anggaran Bawaslu Tangsel Dipotong Rp1 MiliarBawaslu Tangsel (ISTIMEWA)

Dalam proses pengawasan dengan sistem online ini, Bawaslu Tangsel, melalui Divisi Pengawasan akan melakukan evaluasi, untuk mengetahui proses kerja online di masa pandemik ini.

“Apa yang kurang dan terobosan apa yang akan dilakukan dalam melakukan pengawasan Pilkada 2020 dalam sitem online. Kita monitoring dan evaluasi,” jelasnya.

Dengan perubahan sistem kerja tersebut, Bawaslu Tangsel juga akan melakukan pengawasan melalui media sosial. “Dalam situasi seperti ini, nantinya sosialisasi para calon kemungkinan dilakukan melalui daring. Nah, peraturannya akan lebih ketat karena ada dua undang-undang, yakni Pemilu dan Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),” katanya. 

Baca Juga: Disiapkan Rp26 M, Dana Bansos Tangsel untuk Siapa?

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya