Banjir Bandang Lebak, 2.115 Rumah Rusak 80 di Antaranya Hanyut

Belasan musala dan jembatan rusak diterjang banjir

Banten, IDN Times - Banjir bandang menerjang 6 kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten. Kecamatan terdampak yaitu Sajira, Cipanas, Lebak Gedong, Curugbitung, Maja dan Cimarga.

Ada 17 desa terdampak dengan 30 titik banjir. Peristiwa bencana alam tersebut terjadi pada Rabu (1/1) kemarin. Banjir tersebut disebabkan meluapnya Sungai Ciberang dan dan Cidurian.

1. 2.115 rumah rusak akibat banjir bandang

Banjir Bandang Lebak, 2.115 Rumah Rusak 80 di Antaranya HanyutIDN Times/khaerul anwar

Tercatat sebanyak 80 rumah hanyut, 604 rusak mengalami rusak berat dan 1. 431 rumah rusak ringan. Banjir bandang merendam 2.115 rumah warga di 6 kecamatan. Selain itu, banjir akibat luapan sungai Ciberang dan Cidurian pun merusak jembatan dan jalan.

"Data sementara pagi ini akibat banjir bandang ada 2.115 rumah rusak, diantara hanyut, rusak berat dan ringan diterjang banjir," kata Kapolres Lebak AKBP Andre Firman, ditemui di lokasi bencana, Kamis (2/1).

Baca Juga: Bupati Iti Sebut Banjir Bandang di Lebak Akibat Gunung Halimun Gundul

2. Belasan jembatan dan musala rusak

Banjir Bandang Lebak, 2.115 Rumah Rusak 80 di Antaranya HanyutIDN Times/khaerul anwar

Jalan sepanjang 40 meter di Cipanas ambrol dan tidak bisa dilalui pengendara membuat Kecamatan Lebak Gedong terisolir. Sementara total jembatan rusak tercatat ada 18, di antaranya dua jembatan permanen di daerah Sajira dan Lebak Gedong, sisanya merupakan jembatan gantung.

Kemudian, sebanyak 15 musala rusak diterjang luapan sungai, di antaranya, 3 musala di Kecamatan Cipanas, 10 musala di Sajira dan 2 musala di Curug Bitung.

"Total jembatan rusak dan hanyut itu 18 dan kerusakan musala mencapai 15 unit berada di 3 kecamatan," katanya.

3. 8 orang hilang belum ditemukan

Banjir Bandang Lebak, 2.115 Rumah Rusak 80 di Antaranya HanyutIDN Times/khaerul anwar

Kapolres mengatakan, sebanyak 8 orang yang dinyatakan hilang karena hanyut dan tertimbun material longsor sejak kemarin belum bisa ditemukan. Tim SAR dari Basarnas masih melakukan pencarian hingga ke kawasan Gunung Halimun Salak.

"Untuk 8 korban hilang masih dalam pencarian petugas bersama Basarnas," katanya.

Baca Juga: 124 Gardu Listrik Rusak Akibat Diterjang Banjir Bandang di Lebak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya