Salut! Begini Aksi Satpol PP Wanita Bersihkan Lumpur Banjir di Lebak

Pekerjaan membersihkan lumpur bekas banjir bukan hal mudah

Banten, IDN Times - Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten Lebak membantu membersihkan lumpur tebal di jalan akibat diterjang banjir bandang yang menimpa 6 kecamatan di Lebak, Banten.

Sejumlah Satpol PP wanita membersihkan setiap lumpur yang berada di jalan raya dengan sapu dan siraman air agar lumpur tebal tersebut mudah terangkat dari badan jalan. Aksi para Satpol PP wanita ini sontak menarik perhatian warga sekitar.

Apalagi bantuan mereka saat dibutuhkan bagi para pengguna jalan agar tidak kesulitan melewati jalan yang tertutup lumpur tersebut.

"Evakuasi bersih-bersih lumpur yang kemarin banjir di Kecamatan Cipanas, kebetulan kita dari Pemerintah Kabupaten Lebak hari kedua (melakukan pembersihan)," kata salah satu personel Satpol PP wanita, Apriliawati (19) di lokasi pembersihan di Kampung Sindang Resmi, Desa Kelapa Nunggal, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Kamis (2/1).

1. Pembersihan agar akses jalan penghubung antar kecamatan terbuka

Salut! Begini Aksi Satpol PP Wanita Bersihkan Lumpur Banjir di LebakIDN Times/khaerul anwar

Aksi anggota Satpol PP wanita tersebut tidak mudah karena harus menyapu tebalnya lumpur yang menutup akses dari Kecamatan Cipanas ke Kecamatan Muncang dan Sajira.

Meski demikian berat, Aprilia menilai pekerjaan yang dijalaninya tersebut merupakan kewajibannya sebagai abdi negara. 

"Ya apapun yang terjadi saya nikmati aja demi membersihkan jalan dan untuk kenyamanan masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: Banjir Bandang Lebak, 2.115 Rumah Rusak 80 di Antaranya Hanyut

2. Jalan dibersihkan agar kendaraan tidak terpeleset di jalan yang berlumpur

Salut! Begini Aksi Satpol PP Wanita Bersihkan Lumpur Banjir di LebakIDN Times/khaerul anwar

Sementara, Shela Wulandari (18) salah satu personel Satpol PP wanita lainnya mengatakan, langkah yang dilakukan anggota Satpol PP wanita tersebut adalah tugas yang harus diemban dalam rangka membantu masyarakat.

"Biar gak licin kalau kendaraan lewat. Kerjaan gak berasa jalani aja namanya juga abdi negara kan harus membantu harus siap siaga," katanya.

Baca Juga: Korban Banjir Bandang di Lebak Kedinginan, Pengungsi Butuh Selimut

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya