Seorang Bocah dan Nenek Tertimbun Longsor di Gunung Halimun Salak

Tim SAR masih melakukan pencarian korban di Gunung Halimun

Banten, IDN Times - Basarnas Banten melakukan pencarian dua orang hilang di kawasan Gunung Halimun Salak, tepatnya di Desa Banjarsari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten.

Tanah longsor setelah banjir bandang menerjang lima Kecamatan di Kabupaten Lebak. Korban hilang merupakan warga setempat, yakni seorang wanita lanjut usia bernama Ardha (65) dan seorang bocah bernama Rizky (8).

"Korban dua hilang," kata Marhal, anggota dari Basarnas Special Group (BSG) Basarnas Banten melalui pesan singkat, Rabu (1/1).

1. Tim SAR masih melakukan pencarian korban

Seorang Bocah dan Nenek Tertimbun Longsor di Gunung Halimun SalakIDN Times/khaerul anwar

Marhal yang melakukan pencarian bersama tim gabungan kini tengah menginap di posko resor Halimun Salak untuk melanjutkan pencarian esok hari.

"Jadi kampung itu dikelilingi gunung, ada aliran air seperti irigasi, nah sekitar pagi jam 06.00 material longsor menerjang tiga rumah, salah satu rumah berisi 4 jiwa, dua hilang, dua selamat," katanya.

Baca Juga: Banjir Bandang di Lebak, 5 Desa Terisolir Butuh Bantuan Logistik

2. Polisi pastikan korban hilang tertimbun longsor

Seorang Bocah dan Nenek Tertimbun Longsor di Gunung Halimun SalakIDN Times/khaerul anwar

Sebelumnya, pihak kepolisian mengatakan dua orang tersebut hilang tertimbun longsor. Namun untuk kepastiannya sedang dilakukan pencarian oleh tim SAR gabungan dari Basarnas Banten, Polda Banten, BPBD dan masyarakat.

"Ada dua korban yang masih belum bisa ditemukan. Informasi ada dua korban yang tertimbun di daerah Cipanas," kata Kabag Operasional Polres Lebak, AKP Rahmat Sampurno, ditemui dilokasi.

3. Bupati Lebak banjir dan longsor akibat gundulnya kawasan Taman Nasional Gunung Halimun–Salak

Seorang Bocah dan Nenek Tertimbun Longsor di Gunung Halimun SalakBupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Bupati Lebak Iti Oktavia Jayabaya mengatakan, penyebab banjir bandang yang menimpa wilayahnya akibat bukan hanya disebabkan luapan sungai melainkan disebabkan juga gundulnya kawasan Taman Nasional Gunung Halimun–Salak (TNGHS).

Untuk diketahui, lima kecamatan yang dilanda banjir bandang berbatasan dengan Jawa Barat.

"Bukan hanya luapan sungai, di sini kan kawasan TNGHS, kondisi vegetasi hutannya sudah tak ada tanaman yang kuat, hujan semalam saja sudah begini," katanya.

Pemerintah Kabupaten Lebak akan melakukan melaporkan kondisi gundulnya kawasan Gunung Halimun, Bogor, Jawa Barat yang menyebabkan bencana tersebut ke pemerintah pusat.

"Nanti kita akan koordinasi dengan stakeholder lainnya, akan foto udara untuk dilaporkan ke pemerintah pusat bagaimana upaya kita bersama, bagaimana penanganan supaya tidak terjadi bencana berikutnya," katanya.

Baca Juga: 7 Jembatan di Lebak Putus Akibat Diterjang Banjir Bandang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya