Demo di DPRD Banten, Massa Gelar Teatrikal Kuburan Massal

Mereka menyoal APBD dan pembangunan Banten

Serang, IDN Times - Sejumlah orang yang mengatasnamakan Koalisi Abal-Abal menggelar aksi demonstrasi di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (19/10/2023). Uniknya, mereka memajang puluhan kayu berbentuk nisan.

Para demonstran yang melakukan aksi teatrikal mendirikan replika kuburan massal dengan membawa tuntutan pencopotan Ketua DPRD dan Penjabat Gubernur Banten. Pada replika nisan itu, terdapat tulisan "Dewan" dan angka-angka. 

Baca Juga: Jelang Lengser, Al Muktabar Rotasi Ratusan Pejabat Pemprov Banten 

1. Ketua DPRD Banten dan Pj Gubernur disebut "melakukan kongkalingkong"

Demo  di DPRD Banten, Massa Gelar Teatrikal Kuburan MassalIDN Times/Khaerul Anwar

Koordinator aksi, Tb Delly Suhendar mengatakan, pihaknya mendesak Ktua DPRD Banten Andra Soni dan Pj Gubernur Banten Al Muktabar untuk mundur dari jabatannya.

Delly mengatakan, pihaknya menuntut dan mendesak Badan Kehormatan (BK) DPRD Banten untuk segera melakukan paripurna untuk pencopotan Andra Soni sebagai Ketua DPRD Banten.

"Andra Soni sudah melakukan kongkalingkong dengan Al Muktabar untuk melakukan kejahatan-kejahatan terhadap APBD di Banten ini,” kata Delly kepada wartawan.

Dalam pamflet yang mereka bawa, massa juga menulis bahwa DPRD Banten telah "mematikan" fungsi pengawasannya terhadap pembangunan dan pemerintahan di Banten. 

2. Massa juga marah karena tak pernah ditemui

Demo  di DPRD Banten, Massa Gelar Teatrikal Kuburan MassalDok. IDN Times/Ucok

Delly mengatakan, pihaknya menyayangkan sikap Ketua DPRD Banten yang dinilai tidak pernah menemui massa aksi untuk beraudiensi mengenai kepemimpinan Al Muktabar selama menjadi Pj Gubernur Banten.

“Saat ini aksi kita yang kesekian kalinya mungkin lebih dari 10 kali di Banten ini, namun perbedaan terlihat jelas waktu kita demo di Kemendagri baru sekali kita sudah diterima dan ditanggapi," kata dia. 

Saat berdemo di Kemendagri pun, pihaknya mendesak agar Ketua DPRD Banten agar mengeluarkan rekomendasi pencopotan Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten.

3. Demonstran: Banten engga lebih baik ketika dipimpin Al Muktabar

Demo  di DPRD Banten, Massa Gelar Teatrikal Kuburan MassalPj Gubernur Banten Al Muktabar (ketiga kiri) menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Serang, Kamis (2/6/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Banten, kata Delly, tidak jauh lebih baik semasa dipimpin Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten. Bahkan, kata Delly, adanya Al Muktabar kerap membuat kegaduhan.

Koalisi Abal-Abal pun mengancam, akan terus melakukan aksi besar-besaran agar tuntutan mereka tidak direspons oleh pemerintah. “Kami akan melakukan aksi sampai dengan pencopotan ketua DPRD Banten dan pencopotan Pj Gubernur Banten,” katanya.

Baca Juga: Al Muktabar Masih Rahasiakan Nama Pj Bupati Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya