Libur Nataru, Arus Penumpang di Terminal Poris Naik 20 Persen

Penumpang didominasi ke Yogyakarta dan sekitarnya

Kota Tangerang, IDN Times - Pengelola Terminal Poris Plawad di Kota Tangerang mencatatkan, ada peningkatan penumpang selama musim liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kepala Terminal Poris Plawad, Alwien Athena mengatakan, peningkatan jumlah penumpang didominasi oleh penumpang menuju kota-kota besar dengan tujuan pariwisata, seperti Yogyakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Masih Ada Rumah Berlantai Tanah di Sekitar Bandara Soetta

1. Kenaikan arus penumpang mencapai 20 persen

Libur Nataru, Arus Penumpang di Terminal Poris Naik 20 PersenIDN Times/Muhamad Iqbal

Meski dinilai belum menujukan peningkatan yang signifikan dibandingkan musim mudik Lebaran, Terminal Poris Plawad mencatat peningkatan jumlah penumpang sebesar sekitar 20 persen di banding hari-hari biasa.

“Kalau pada hari biasa jumlah penumpang harian sekitar 400 sampai 700 orang. Saat memasuki musim libur Nataru ini mencapai 900 hingga 1.200 orang setiap harinya,” kata Alwien pada Rabu (27/12/2023).

2. Puncak arus mudik terjadi di 23 hingga 26 Desember 2023

Libur Nataru, Arus Penumpang di Terminal Poris Naik 20 PersenIDN Times/Muhamad Iqbal

Alwien mengatakan, pihaknya juga mencatat bahwa puncak peningkatan jumlah penumpang sudah terjadi pada akhir pekan tanggal 23 hingga 26 Desember 2023 kemarin.

Meski begitu, Alwien juga memprediksi peningkatan jumlah penumpang ini akan tetap terjadi sampai pergantian tahun pada akhir pekan nanti.

3. Ini yang dilakukan otoritas Terminal Poris untuk hadapi musim liburan

Libur Nataru, Arus Penumpang di Terminal Poris Naik 20 PersenTerminal Poris (Dok. Humas Pemkot Tangerang)

Selain itu, kata Alwien, Terminal Poris Plawad bersama dengan berbagai pihak sudah melakukan antisipasi untuk mengamankan peningkatan jumlah penumpang selama musim libur Nataru ini.

Beberapa program yang sudah dilaksanakan adalah pembuatan posko bersama, tes urine para sopir bus, pengobatan gratis bersama, sampai operasi rampcheck secara berkala untuk memastikan keamanan dan kenyamanan armada bus yang beroperasi di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

“Seperti rutin dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, kami menyediakan posko bersama untuk menyambut musim libur Nataru ini,” tambahnya.

Baca Juga: Pj Wali Kota Tangerang Siap Lanjutkan Program Arief-Sachrudin

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya