Punya Cs 137, Pemilik Rumah di Batan Indah Jual Jasa Radioaktif? 

Ada iklan dekontaminasi radioaktif, Batan: masih di cek ya

Tangerang Selatan, IDN Times - S, warga pemilik rumah di Blok A Batan Indah yang sempat digeledah Senin (24/2) diduga sempat menawarkan jasa dekontaminasi radioaktif dan servis alat-alat yang berkaitan dengan radioaktif.

Hal tersebut diketahui berdasarkan penelusuran digital. IDN Times menemukan posting-an jual jasa itu dengan nama yang sama dengan sang pemilik rumah di Batan Indah di situs Kaskus.

Baca Juga: Bapeten: Radioaktif di Rumah Milik Warga Batan Indah Berjenis Cs 137 

1. Isi iklan tersebut menyebut sertifikasi Batan

Punya Cs 137, Pemilik Rumah di Batan Indah Jual Jasa Radioaktif? https://fjb.kaskus.co.id/

Dalam posting di platform jual beli digital Kaskus, iklan itu menawarkan beberapa jasa yang berkaitan dengan radiasi dan radioaktif. 

"Permisi mimin dan momod, Numpak buka lapak "Jasa Dekontaminasi Radioaktif Dan Sertifikat Bebas Kontaminasi Serta Jasa Lainnya, dengan sertifikat dari PTKMR-BATAN," tulis penulis di awal posting-an. 

Dalam postingan itu, dijelaskan pula bahwa si penulis iklan juga menyediakan jasa perbaikan alat yang berkaitan dengan radioaktif.

Di akhir postingannya, si penulis menyebutkan bahwa dirinya berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan. Postingan itu diakhiri dengan nama penyedia jasa dan nomor kontaknya. Nama di posting itupun sama dengan nama pemilik rumah di Batan Indah blok A, yang sempat digeledah aparat, kemarin. 

2. Ini penjelasan Batan

Punya Cs 137, Pemilik Rumah di Batan Indah Jual Jasa Radioaktif? (IDN Times/M Iqbal)

Kepala Biro Hukum dan Kerja Aama Batan, Heru Umbara saat dikonfirmasi menyebut pihaknya belum bisa berkomentar terkait hal tersebut.

"Nanti saya cek yah. Tapi, kalau namanya sama, ya mungkin memang dia," kata Heru, Selasa (25/2).

3. Bapeten: rumah sumber radiasi di Batan Indah tidak akan di-clean up

Punya Cs 137, Pemilik Rumah di Batan Indah Jual Jasa Radioaktif? IDN Times/Muhamad Iqbal

Sebelumnya, Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Abdul Qohhar menyebut bahwa sumber radiasi yang berada di dalam rumah S  tidak menimbulkan kontaminasi di sekitar wilayah temuan.

"Itu sudah diukur sebelum pengangkatan atau pengambilan sumber (radiasi) di jalan (depan rumah) hanya 0,5 sedang di pagar rumah masih di rentang itu, jadi masih aman," kata Qohhar kepada IDN Times, Selasa (25/2).

 

Baca Juga: Bapeten: Rumah Sumber Radiasi di Batan Indah Tidak Perlu Clean Up

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya