Comscore Tracker

Bapeten: Rumah Sumber Radiasi di Batan Indah Tidak Perlu Clean Up

Warga sekitar rumah juga tak perlu periksa kesehatan

Tangerang Selatan, IDN Times - Sumber radiasi yang yang ditemukan Senin (24/2) di rumah S, warga Perumahan Indah, tidak menimbulkan kontaminasi di sekitar wilayah temuan. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten menyatakan tingkat paparan dalam level yang aman.

"Itu sudah diukur sebelum pengangkatan atau pengambilan sumber (radiasi) di jalan (depan rumah) hanya 0,5 sedang di pagar rumah masih di rentang itu, jadi masih aman," kata Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Protokol, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Abdul Qohhar kepada IDN Times, Selasa (25/2).

Baca Juga: [BREAKING] Selokan di Kompleks Batan Indah Terpapar Radioaktif

1. Setelah sumber radiasi dievakuasi dari rumah S, tingkat paparan langsung normal

Bapeten: Rumah Sumber Radiasi di Batan Indah Tidak Perlu Clean Up(IDN Times/M Iqbal)

Qohhar menjelaskan, ketika sumber sudah diambil oleh kepolisian, indek paparan langsung normal. Artinya, kata dia, di sana tidak ada indikasi ada kontaminasi sama sekali.

Jikalaupun memang ada indikasi kontaminasi--begitu sumber dievakuasi--paparan pasti akan terdeteksi petugas. 

2. Tidak ada clean up di sekitar TKP dan warga di sekitar rumah S juga tidak perlu periksa kesehatan

Bapeten: Rumah Sumber Radiasi di Batan Indah Tidak Perlu Clean UpIDN Times/M Iqbal

Dengan pertimbangan itu juga, imbuh Qohhar, warga yang berada di sekitar lokasi dinilai tidak perlu diperiksa kesehatan Whole Body Counting (WBC). Selain itu, petugas juga tidak akan melakukan clean up di sekitar dan rumah tersebut.

"Kalau pemeriksaan seperti kemarin (WBC) itu kalau ada kontaminasi yang dikonsumsi. Kalau ini kan tidak ada potensi kontaminasi," kata Qohhar. "Ini tidak akan di-clean up, karena ketika sumber diambil ini sudah bersih," tambahnya.

3. Bapeten: radioaktif di rumah milik warga Batan berjenis Cs 137

Bapeten: Rumah Sumber Radiasi di Batan Indah Tidak Perlu Clean Up(IDN Times/M Iqbal)

Sebelumnya diberitakan, Bapeten, kepolisian, bersama Badan Tenaga Nuklir (Batan) menggeledah rumah milik S, di Blok A, Perumahan Batan Indah. Petugas kemudian  mengamankan beberapa sumber radioaktif yang diduga dimiliki oleh salah satu penghuni rumah tersebut.

"Ditemukan penguasaan terduga beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah, di salah satu rumah warga di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan," kata Kepala Biro Hukum Kerja Sama dan Komunikasi Publik Bapeten Indra Gunawan, dalam keterangan resminya, Senin (24/2).

Indra juga memastikan bahwa radioaktif yang diamankan dari rumah tersebut berjenisCesium 137 (Cs 137). Pihaknya juga menyebut bahwa tim gabungan telah menemukan titik terang siapa pelaku dalam kasus ini.

"Sumber radioaktif tersebut di antaranya berjenis Cs 137 dan ada beberapa jenis radioaktif lainnya," ungkap dia.

Selain itu, kepolisian juga memeriksa pemilik rumah berinisial S itu di Bareskrim Mabes Polri. 

Baca Juga: Bapeten: Radioaktif di Rumah Milik Warga Batan Indah Berjenis Cs 137 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya