Pemkot Tangerang Gelar Kejuaraan Tinju Antar Sasana

65 petinju amatir berlaga di turnamen ini

Kota Tangerang, IDN Times - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang mengadakan Kejuaraan Tinju Amatir antar sasana se-Kota Tangerang, Selasa (5/9/2023).

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang mengatakan, kegiatan ini merupakan pertandingan cabang olahraga tinju amatir antar sasana yang pertama kali digelar di Kota Tangerang.

"Tentunya untuk mencari bibit unggul, serta melatih mental para atlet dalam pertandingan. Karena mereka nantinya akan bertanding secara perorangan. Meski dari sasana, namun saat bertanding mereka membawa nama masing-masing," kata Kaonang.

Baca Juga: 70 Atlet Ikuti Tinju Kejuaraan Ginju Antarsasana se-Kota Tangerang

1. Sebanyak 65 petinju amatir ikut turnamen ini

Pemkot Tangerang Gelar Kejuaraan Tinju Antar SasanaDok. Pemkot Tangerang

Kaonang mengungkapkan, ada 65 peserta dari empat sasana yang ada di Kota Tangerang. Kejuaraan ini diikuti dari berbagai kalangan usia, mulai dari 10 tahun hingga 35 tahun.

Mereka akan bertanding sesuai kategori, serta kelas yang berbeda pada putra dan putri.

"Pertandingan akan berlangsung sampai besok (6/9/2023). Jadi ada tiga kategori yakni Yunior, Youth, dan Elite. Dengan kelas dari 30 kg, sampai kategori elite itu di lebih 92 kg. Dan sasana yang mengikuti kejuaraan tinju amatir ini ada Mutiara Naga Pabuaran, Benteng Surya, Sobandi Boxing Camp, Wijaya Kusuma Boxing camp," ungkapnya.

2. Ini daftar hadiahnya

Pemkot Tangerang Gelar Kejuaraan Tinju Antar Sasanailustrasi uang (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Lanjutnya, mereka akan memperebutkan juara 1, 2, dan 3 untuk putra dengan berbagai kategori. Sedangkan pada putri hanya juara 1 dan 2. Dengan total hadiah Rp20 juta, piala serta sertifikat.

Selain itu, kata Kaonang, para atlet juga mendapatkan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan apabila terjadi cedera serius.

"Harapannya kejuaraan ini dapat melahirkan atlet-atlet baru di Kota Tangerang yang dapat mewakili ke tingkat Provinsi Banten, Jabodetabek, hingga nasional. Dan ke depannya bisa menjadi agenda rutin di Kota Tangerang," kata Kaonang.

3. Kejuaraan ini bagus untuk calon atlet

Pemkot Tangerang Gelar Kejuaraan Tinju Antar SasanaDok. Pemkot Tangerang

Sementara itu, Ketua Sasana Sobandi Boxing Camp Ina Sobandi menuturkan, kejuaraan ini sangat baik untuk mengasah kemampuan para peserta yang mengikuti pertandingan.

Selain itu, dia berharap pertandingan ini tak hanya memperebutkan siapa yang menjadi juara, namun dapat terus melestarikan olahraga tinju ini.

"Kami sudah berdiri sejak dua tahun lalu, dan Sobandi Boxing Camp pada kejuaraan tinju antar sasana ini mengirimkan 14 peserta pemula. Tentunya ini menjadi awal mula bagi para peserta untuk dapat bertanding, serta menjadikan atlet berprestasi di Kota Tangerang," ucap Ina.

Baca Juga: Sumbang Emas di SEA Games, Lifter Juniansyah Berasal dari Serang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya