Sumbang Emas di SEA Games, Lifter Juniansyah Berasal dari Serang

Rizki pun mampu pecahkan tiga rekor

Serang, IDN Times - Lifter muda asal Kota Serang Rizki Juniansyah kembali mengharumkan nama Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Rizki berhasil meraih medali emas di kelas 73 kilogram (kg) putra. Nah, Rizki Juniansyah ini berasal dari Serang, Banten loh. 

Saat berlaga di Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu (14/5/2023), Rizki mampu memecahkan tiga rekor di kelas tersebut.

Baca Juga: Rizki Juniansyah Raih Medali Emas Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior

1. Rizki memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang Rahmat Erwin

Sumbang Emas di SEA Games, Lifter Juniansyah Berasal dari SerangLifter putra Banten Rizki Juniansyah (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Rizki merupakan lifter berprestasi kelahiran Serang, 17 Juni 2003. Untuk berprestasi, Rizki berlatih keras di Sasana Bulldog Gym. 

Saat laga SEA Games pada Minggu itu, Rizki berhasil menorehkan angkatan snatch 156 kg. Sementara untuk clean and jerk mampu mengangkat 191 kg. Total angkatan Rizki pada SEA Games Kamboja ini tercatat 347 kg.

Selanjutnya, dia juga memecahkan tiga rekor angkatan SEA Games yang sebelumnya dipegang Rahmat Erwin Abdullah pada SEA Games 2021 Vietnam. Rizki berhasil melakukan angkatan snatch seberat 156 kg dan memecahkan rekor SEA Games yang semula dipegang Rahmat Erwin Abdullah seberat 155 kg.

Sementara untuk clean and jerk atlet asal Banten itu berhasil mengangkat 191 kg mengungguli rekor 190 kg milik Erwin.

Dengan prestasinya tersebut, juga memecahkan rekor total angkatan. Rizki membukukan 347 kg atau lebih baik dari Erwin tahun lalu di Vietnam dengan 345 kg.

Baca Juga: Cerita Rizky Juniansyah, Lifter Banten yang Cetak Rekor Dunia

2. Capaian Rizki adalah buah dari latihan maksimal yang dilakukan

Sumbang Emas di SEA Games, Lifter Juniansyah Berasal dari Serangfoto Rizki Juniansyah (instagram.com/zkcsports)

Ketua Umum Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Banten, Muhamad Yasin mengatakan, Capaian Rizki yang diperoleh oleh anak muda asal Kota Serang itu merupakan hasil dari latihan maksimal yang dilakukan Rizki.

"Kami pun berterima kasih atas doa yang diberikan kepada kami sehingga Rizki bisa berprestasi medali emas,” kata Yasin melalui siaran pers, Senin (15/5/2023).

3. Rizki berhasil mengalahkan saingan terberatnya atlet dari Thailand dan Vietnam

Sumbang Emas di SEA Games, Lifter Juniansyah Berasal dari SerangSkrinsut/youtbe

Yasin mengungkap, hasil laga tersebut sesuai dengan prediksinya dimana saingan terberat adalah Thailand dan Vietnam yang dalam cabang angkat besi berhasil meraih perak dengan perunggu.

Doungsri dari Thailand pada posisi kedua meraih medali perak dengan total 315 kg, angkatan 140 kg snatch dan 175 kg clean dan jerk.

"Sementara Ky Su Bui dari Vietnam menempati posisi ketiga dengan total angkatan 311kg (136 kg snatch dan 175 kg clean & jerk,” katanya.

Baca Juga: Kejari Serang Tahan Dirut Pabrik Produsen Baja di Serang 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya