Comscore Tracker

Gokil! SMKN 4 Pandeglang Ciptakan Mobil Listrik 

Mobil itu diperkenalkan langsung saat momen 17-an

Serang, IDN Times - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Pandeglang memperkenalkan mobil listrik karya para siswanya di Lapangan Sekretariat Daerah Provinsi Banten di Serang saat perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Mobil listrik itu sendiri merupakan pesanan Gubernur Banten, Wahidin Halim.

“Saya mengapresiasi dan menghargai karya dan kreativitas para siswa SMK. Ketua DPRD Provinsi Banten juga sudah uji coba, ini salah satu upaya kita menangkal polusi. Saran saya, desainnya perlu disempurnakan” kata Wahidin, seperti dikutip dari kantor berita Antaranews, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga: 3 Pahlawan Nasional dari Banten, Ada Ageng Tirtayasa

1. Wahidin pesan langsung mobil ini

Gokil! SMKN 4 Pandeglang Ciptakan Mobil Listrik Guru dan siswa di SMKN 4 Pandeglang (Instagram/smknegeriempatpandeglang)

Kepala Sekolah SMKN 4 Kabupaten Pandeglang, Susila menjelaskan bahwa para siswa merancang mobil listrik yang dilengkapi dengan panel surya tersebut dari nol.

“Untuk merek mobil listriknya sesuai pilihan pemesan. Yang pesanan Pak Gubernur mereknya Sahabat Wahidin Halim,” kata Susila.

2. Ada dua jenis mobil yang dibuat para siswa

Gokil! SMKN 4 Pandeglang Ciptakan Mobil Listrik ANTARA FOTO/Mulyana

Siswa SMKN 4 Kabupaten Pandeglang merakit dua tipe mobil listrik, yakni Molis 1 dan Molis 2.

Molis 2 yang dirakit menggunakan motor 5000W DC 60/72 Volt, empat aki kering 12 Volt 100 Ah, rangka steel hollow, dan roda R14. 65/70 bisa melaju dengan kecepatan 40 sampai 60 km/jam dan kapasitas penumpangnya enam orang.

Sedangkan Molis 1 dengan kapasitas penumpang empat orang yang bisa melaju dengan kecepatan 20 sampai 40 km/jam dirakit menggunakan motor 2000W DC 48/52 Volt, 4 aki kering 12 Volt 100 Ah, rangka steel hollow, dan roda R13.65/70.

3. Profil SMKN 4 Pandeglang

SMKN 4 Pandeglang berada di daerah Kecamatan Bojong, tepatnya berada di Jl. Raya Saketi Malingping Km 07. 

SMK Negeri 4 Pandeglang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang No. 16 Tahun 2005 tanggal 02-08-2005 tentang pembukaan dan Penegerian Sekolah tahun pelajaran 2002/2003.

Salah satu alasan utama pendirian SMK ini adalah terbatasnya sekolah menengah kejuruan yang berada di wilayah Pandeglang Selatan.

Program atau jurusan yang ada saat itu hanya jurusan Rekayasa perangkat Lunak. Kemudian, pengelola SMKN 4 menambahkan 1 program yaitu, teknik kendaraan ringan, dan selanjutnya geologi pertambangan.

Saat ini, sedikitnya ada enam jurusan yang ada di SMKN 4 Pandeglang, yaitu:

1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
2. Teknik Kendaran Ringan (TKR )
3. Geologi Pertambangan (GP)
4. Teknik Analisis Kimia (TAK)
5.  Teknik Elektro Industri (TEI)
6. Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

Baca Juga: 9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakarta

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya