Comscore Tracker

REI Siapkan 12 Ribu Rumah Murah di Banten wilayah Barat

Rumah subsidi ini untuk warga dengan penghasilan rendah

Serang, IDN Times - Apakah kamu sedang mencari rumah pertama, tapi penghasilan belum tinggi? Nih, coba ikut program rumah subsidi yang diselenggarakan Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) Banten.

Per tahun, REI Banten menyebut, ada 12 ribu rumah subsidi yang dibangun untuk warga dengan penghasilan rendah. Dengan demikian, warga yang tak punya penghasilan besar pun tetap bisa memiliki rumah layak huni.

Baca Juga: Banten Miliki 75 Motif Batik, Hanya 12 yang Dikainkan

1. Tahun ini, REI Banten fokus di wilayah bagian Barat

REI Siapkan 12 Ribu Rumah Murah di Banten wilayah BaratANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Ketua REI Banten Roni Hadiriyanto Adali mengungkap, rumah subsidi di Banten memiliki potensi cukup besar, dengan delapan kabupaten dan kota.

Meski demikian, ada beberapa daerah yang menjadi fokus REI Banten dalam mengembangkan rumah bersubsidi, yakni wilayah Banten bagian barat. "Antara lain, Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kota Cilegon, karena potensi memiliki rumah bersubsidi cukup besar," kata Roni, seperti dikutip dari Antara, Jumat (30/9/2022). 

Sebelumnya, REI fokus di Tangerang Raya, yang meliputi: Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan. 

2. Rumah subsidi ini dijual dengan bunga relatif kecil

REI Siapkan 12 Ribu Rumah Murah di Banten wilayah BaratIlustrasi suku bunga (IDN Times/Umi Kalsum)

Lebih lanjut Roni juga mengungkap bahwa rumah bersubsidi itu dijual dengan suku bunga relatif kecil hingga lima persen flat. Warga berpenghasilan rendah bisa mengangsur rumah ini hingga 20 tahun.

"(Ini kecil) jika dibandingkan rumah komersial cukup tinggi dengan suku bunga antara 11 - 12 persen. Tergantung bank komersial yang kini meningkatkan suku bunga untuk mengatasi inflansi," kata dia.

Roni juga yakin penggelontoran rumah subsidi ini bisa menggeliatkan perekonomian nasional setelah pandemik COVID-19. 

3. Kamu yang tinggal di wilayah Cilegon, nantikan pameran industri properti REI Banten ya

REI Siapkan 12 Ribu Rumah Murah di Banten wilayah BaratIlustrasi rumah. ANTARA FOTO/Fauzan

Untuk mempromosikan rumah bersubsidi akan menggelar pameran industri properti di Kota Cilegon untuk memperkenalkan kepada masyarakat yang belum memiliki rumah agar mendapatkan kemudahan pelayanan dengan berbagai fasilitas rumah bersubsidi.
 
Selain itu membangkitkan kembali asosiasi REI, sekaligus untuk mendongkrak pemasaran industri properti di Banten. Menurut dia, REI kini memiliki program "REI Banten menggeliat, properti melesat', sehingga masyarakat yang belum memiliki rumah bisa dengan rumah bersubsidi.

Roni juga mengapresiasi para pemangku jabatan, termasuk pemerintah daerah yang mendukung industri properti di Banten.  "Kami memberikan rumah bersubsidi itu untuk membantu pemerintah agar kesejahteraan masyarakat lebih baik," katanya.

Baca Juga: Membongkar Praktik Siswa Titipan Pejabat Daerah di SMA/SMK Banten

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya