Comscore Tracker

Hunian Hotel Berbintang di Banten Naik 24 Persen

Turun dibanding tahun lalu di bulan yang sama

Serang, IDN Times - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten mencatat Tingkat Penghunian Kamar (TPK) hotel berbintang di Banten pada bulan Juni 2020 mencapai 24,17 persen atau naik 5,60 poin. Angka tersebut mulai mengalami peningkatan selama pandemik virus corona atau COVID-19.

Demikian mengalami peningkatan dibanding bulan Mei yaitu sebesar 18,57 persen.

Baca Juga: Imbas COVID-19, Hotel di Banten Tak Mampu Bayar Gaji Karyawan

1. Rata-rata lama menginap 1,46 hari

Hunian Hotel Berbintang di Banten Naik 24 PersenIDN Times/Masdalena Napitupulu

Kepala BPS Banten, Adhi Wiriana mengatakan, rata-rata lama menginap tamu (RLMT) gabungan (asing dan Indonesia) pada hotel berbintang selama Juni 2020 mencapai 1,46 hari atau naik 0,25 poin dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 1,21 hari.

"Peningkatan TPK ini disebabkan oleh penghunian kamar yang naik pada hampir semua kelas hotel bintang di Banten, kecuali hotel bintang satu yang turun sebesar 3,87 poin," kata Adhi saat konferensi pers, Senin (3/8/2020).

2. Turun dibanding tahun lalu di bulan yang sama

Hunian Hotel Berbintang di Banten Naik 24 PersenIlustrasi Kamar Hotel (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Namun disampaikan Adhi, dibanding bulan yang sama tahun lalu, TPK Juni 2020 turun 20,83 poin dari sebelumnya sebesar 45,00 persen.

"Penurunan TPK tahunan (year on year/yoy) ini disebabkan oleh penghunian kamar yang turun pada hampir semua kelas hotel bintang di Banten, kecuali hotel bintang satu yang naik 1,46 poin," katanya.

3. Rata-rata tamu menginap di hotel setahun terakhir masih fluktuatif

Hunian Hotel Berbintang di Banten Naik 24 PersenIlustrasi Room Attedant (Dok. Kemenparekraf).

Kendati demikian, kata Adhi, perkembangan RLMT gabungan hotel berbintang selama setahun terakhir memperlihatkan kondisi yang masih fluktuatif, mengalami kenaikan di bulan Juni 2020." Satu bulan ke depan diperkirakan akan mengalami kenaikan dengan alasan yang sama atas prediksi peningkatan TPK Juli 2020," katanya.

Baca Juga: Pandemi COVID-19, Pengusaha Hotel dan Restoran di Tangerang Merugi

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya