Comscore Tracker

Dorong UMKM, Pemkot Tangerang Gandeng Tokopedia dan Gojek 

Arief harap penjualan UMKM meningkat

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui optimalisasi penjualan produk - produk UMKM Kota Tangerang dengan e-commerce.

Salah satu upayanya adalah dengan menjalin kerja sama dengan dua raksasa di bidang teknologi, yaitu Tokopedia sebagai penyedia jasa niaga elektronik (e-commerce) dan Gojek yang merupakan penyedia jasa transportasi daring terbesar di Indonesia.

1. Pemkot siapkan kanal di Tokopedia untuk UMKM

Dorong UMKM, Pemkot Tangerang Gandeng Tokopedia dan Gojek Wali kota Tangerang, Arief Wismansyah melakukan pemantauan terhadap protokol kesehatan di fasilitas publik (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan Pemkot telah menyiapkan kanal di laman Tokopedia untuk mengakomodir produk - produk UMKM Kota Tangerang yang dinamai Ayo! Rangkul yang bermakna Tangerang Bangga Komunitas Usaha Lokal.

"Tinggal dipilih produknya karena sudah ada di website ataupun aplikasi Tokopedia," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/2/2021).

2. Arief harap penjualan UMKM meningkat

Dorong UMKM, Pemkot Tangerang Gandeng Tokopedia dan Gojek Ilustrasi UMKM. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Arief mengharapkan dengan masuknya produk-produk UMKM Kota Tangerang dalam aplikasi Tokopedia, akan semakin meningkatkan penjualan serta pengenalan hasil karya UMKM Kota Tangerang ke jangkauan yang lebih luas.

"Apalagi semua produknya sudah masuk dalam kanal Ayo Rangkul, yang isinya cuma produk - produk dari Kota Tangerang," jelasnya.

3. Kerja sama dengan Gojek diharap memudahkan pengiriman produk UMKM

Dorong UMKM, Pemkot Tangerang Gandeng Tokopedia dan Gojek Gojek meluncurkan 12 program kesejahteraan mitra driver. (Dok.Gojek)

Selain itu, lanjut Arief, melalui kerjasama dengan Gojek akan semakin memudahkan pilihan pengiriman produk yang ada di Tokopedia, mengingat Gojek yang juga memiliki fitur pengiriman barang

"Jadi bisa sama - sama menguntungkan untuk semua pihak," ungkapnya.

Tak hanya itu, Arief juga meminta agar Gojek dapat memprioritaskan produk - produk tak kurang dari 185.000 UMKM Kota Tangerang melalui fitur - fitur yang ada dalam aplikasi.

"Kan fiturnya banyak, jadi banyak yang bisa dibantu untuk UMKM Kota Tangerang," katanya.

Baca Juga: Empat Orang Korban Banjir di Tangerang Positif COVID-19

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya