TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Nikmatnya Sambal Rampai Khas Lampung di Dulang Makan Pasar Lama

Tomat rampainya didatangkan langsung dari Lampung, loh!

IDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tangerang, IDN Times - Jika kamu penggemar sambal, cobalah sambal rampai dan seruit khas Lampung. Cita rasa sambal mentah dipadupadankan dengan terasi bakar dan tomat rampai dijamin bakal membuat lidahmu bergoyang.

Salah satu tempat makan yang menjadikan sambal rampai sebagai ciri khas, yakni Dulang Makan yang berada di Jalan Kisamaun No.189, Pasar Lama, Kota Tangerang. 

Dede Ulfah, pemilik Dulang Makan mengatakan, d terinspirasi untuk membawa ciri khas daerah asalnya ke Kota Tangerang, tempatnya merantau. Apalagi, tomat rampai sulit untuk ditemukan di Tangerang.

"Saya melihat banyak juga orang Lampung yang merantau, dan rindu dengan masakan kampung halaman, tapi susah didapat," kata Dede, Rabu (18/9/2024).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Diguyur Dana Insentif Fiskal Rp6 Miliar

1. Sambal rampai biasa dinikmati dengan ikan bakar atau goreng

Dede menuturkan, Dulang Makan  menyediakan berbagai jenis ikan untuk menemani makan sambal rampai tersebut, misalnya saja ikan mas, ikan nila, ikan patin, hingga ikan gurame.

Namun, bagi yang tidak suka ikan, ia juga menyediakan berbagai masakan ayam, seperti ayam kampung dan negeri bakar dan goreng.

"Kenapa ikan? Karena di Lampung sambal rampai memang biasa dimakan dengan ikan, lebih nikmat," ujar Dede.

2. Bahan baku didatangkan dari Lampung

Untuk sambal seruit, Dede menuturkan hampir sama dengan sambal rampai, namun hanya ditambah dengan bawang merah dan putih bakar dan diulek kasar. Sambal seruit memang biasa untuk penggemar perbawangan.

"Kami memang datangkan langsung beberapa bahan baku yang memang sulit didapatkan di Tangerang ini," tuturnya.

Selain dua sambal tersebut, ia juga menyediakan sambal hijau, sambal bawang untuk pengunjung yang tidak suka dengan bau dan rasa khas rampai bisa coba sambal lain.

"Harga menu di sini mulai dari Rp28 ribu saja, sudah dapat paket nasi, ikan, dan sambal," tuturnya.

Verified Writer

Maya Aulia Aprilianti

Let's still alive!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya