TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Makanan Khas Banten yang Wajib Kamu Coba

Kamu sudah pernah coba belum?

ketan bintul (Instagram.com/liuin85)

Banten memiliki beberapa kabupaten dan kota yang kini tak kalah banyak dikunjungi. Menjadi tempat kunjungan ataupun kantor, Banten memiliki sejarah dan kuliner yang menarik, lho. 

Makanan-makanan khas Banten memang kurang terkenal. Sangat disayangkan karena rasanya yang begitu enak untuk dicicipi. Penasaran? Inilah 5 rekomendasi makanan khas Banten yang wajib kamu coba.

1. Sate bandeng

sate bandeng (instagram.com/cbbtravel)

Unik dari yang lainnya, sate yang satu ini bukan berbahan daging ayam atau kambing loh. Sesuai namanya, ya sate yang satu berbahan dasar ikan bandeng.

Biasanya, daging ikan bandeng dibersihkan dulu dari tulang dan duri, kemudian diberi bumbu.  

Sate bandeng ditusuk dengan tangkai bambu yang cukup besar. Kuliner khas Banten ini menunjukkan perpaduan yang enak dari rempah-rempah Indonesia dan daging ikan bandeng itu sendiri. 

2. Nasi bakar sum sum

nasi bakar sum sum (Instagram.com/soulofjakarta)

Nasi Bakar Sum Sum berawal dari makanan sehari-hari seseorang. Nasi dicampur dengan sum sum lalu dibakar. Namun suatu hari, orang tersebut melabeli bungkusan nasi ini untuk dijual menggunakan gerobak. 

Tak disangka-sangka ramai pembeli. Hingga akhirnya nasi bakar sum sum ini jadi makanan yang khas. Satu porsi berisi dua nasi bakar. Bungkusan nasi ini menggunakan daun pisang.

Baca Juga: Rabeg dan Perjalanan Sultan Banten ke Tanah Arab

3. Rabeg

rabeg (Instagram.com/djoeraganketjap)

Rabeg merupakan makanan yang disukai sultan Banten pada zaman dulu. Rabeg berbahan daging kambing atau sapi dengan kuah kecap dan sedikit rasa pedas. 

Saat mencicipinya, kamu akan merasakan rasa manis dari kuah dan wanginya dari bumbu dasar bawang merah dan bawang putih. Faktanya, Rabeg adalah perpaduan antara bumbu Jazirah Arab dan Banten juga, lho.

Simak nih sejarah di balik makanan dengan rasa rempah yang luar biasa ini, dengan membaca artikel di bawah ini ya.

4. Ketan Bintul

ketan bintul (Instagram.com/kaswari32)

Camilan gurih ini jangan sampai dilewatkan! Ketan Bintul terbuat dari ketan dan taburan serundeng di atasnya. 

Ketan Bintul sudah ada dari abad ke-16 dan sering jadi menu makanan buka puasa Sultan Banten. Tekstur jajanan tradisional ini legit seperti ketan pada umumnya. Tapi yang membedakan adalah jenis ketan dan rasanya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sate Taichan di Tangerang Raya, Ada yang Digoreng!

Beberapa rekomendasi makanan khas Banten ini wajib kamu coba. Kenikmatannya jangan sampai dilewatkan terutama bagi warga sekitar!

Verified Writer

agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya