Comscore Tracker

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata Kuliner

Rasanya dijamin maknyus~

Buat kamu yang suka berwisata kuliner, Cilegon bisa jadi salah satu pilihan loh. 

Jika kamu sedang merencanakan perjalanan ke Banten, Cilegon wajib masuk list tempat yang kamu datangi. Di sini, kamu bisa menikmati sejumlah kuliner khas yang bakal bikin lidah kamu bergoyang.

Berikut ada Makanan Khas Cilegon yang bisa banget kamu coba jika kamu sedang di Cilegon dan ingin berwisata kuliner.

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh dari Cilegon yang Cocok Kamu Jadikan Buah Tangan

1. Ayam bekakak kranggot

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata Kulinerinstagram.com/deviirwantari

Kuliner khas Cilegon yang pertama adalah Ayam bekakak kranggot. Ayam bekakak kranggot ini sendiri kurang lebih tidak terlalu jauh berbeda dengan ayam bakar pada umumnya.

Ayam ini dibumbui dengan bumbu khas Cilegon sehingga menghasilkan cita rasa pedas dan juga manis. Oalahan ayam ini dulu biasanya disajikan pada acara-acaea seperti selamatan atau pernikahan, namun sekarang kamu sudah dengan mudah mendapatkannya.

2. Rabeg

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata KulinerInstagram.com/restologysteakrabeg

Makanan selanjutnya yang bisa jadi pilihan kamu untuk berwisata kuliner. Berbahan dasar daging sapi dan juga jeroan, rabeg lalu diolah dengan aneka rempah serta bumbu yang menghadirkan cita rasa yang lezat bagi siapa saja yang memakannya.

Tahukah kamu, kuliner yang dulu merupakan makanan favorit sultan-sultan Banten loh. Sekarang, kamu bisa menemukan di tempat makan yang ada di Cilegon dengan mudah.

3. Nasi sumsum

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata KulinerInstagram.com/deena_hp

Nasi Sumsum jadi makanan khas Tanggerang yang bisa jadi pilihan wisata kuliner kamu. Keunikan dari makanan ini terletak pada olahan nasi yang dicampur dengan sumsum tulang, dibungkus daun pisang, lalu dimasak dengan cara dibakar. Hal tersebut membuat nasi sumsum bercita rasa gurih.

4. Nasi gonjleng

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata Kulinerinstagram.com/carelliang/

Nasi Gonjleng bisa jadi pilihan wisata kuliner kamu selanjutnya. Nasi Gonjleng ini jika dilihat mirip dengan nasi kebuli namun dengan cita rasa lokal. Lauk dari nasi gonjleng ini sendiri ada daging asap, sambal goreng, emping, dan juga acar. Nasi ini jadi salah satu kuliner yang cukup populer di Cilegon.

5. Sate bebek cibeber

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata Kulinerbuletati.blogspot.com

Selanjutnya ada sate bebek cibeber. Dengan bumbu yang memiliki ciri khas tersendiri, sate bebek cibeber ini menawarkan sensasi makan sate yang berbeda dari sate bebek umumnya. Harga yang terjangkau juga akan sangat nyaman di dompet kamu saat mencoba kuliner ini.

6. Kue gipang

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata Kulinersenengpiknik.com/

Selanjutnya ada kuliner yang sekaligus cocok buat oleh-oleh kamu nih. Kue gipang, terbuat dari beras ketan dan air gula membuat kue gipang bercita rasa manis dan bertekstur renyah. Kue ini cocok juga untuk cemilan kamu sehari-hari, sembari minum kopi ataupun teh.

Baca Juga: 9 Wisata di Pandeglang Paling Seru, Gak Jauh dari Jakarta

7. Kue ketan bintul

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata Kulinerjuragangembul.my.id

Masih berbahan dasar ketan, makanan khas Cilegon selanjutnya ada kue ketan bintul. Kue ini dominan terasa gurih karena ada parutan kelapa goreng diatasnya, serta disajikan dengan daun pisang juga. Cocok juga sebagai cemilann kamu kalau lagi ada di Cilegon nih.

8. Ceplis

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata Kulineragrowindo.com/

Ceplis menjadi makanan selanjutnya yang bisa kamu coba saat wisata kuliner di Cilegon. Makanan yang juga cocok sebagai oleh-oleh kamu ini memiliki cita rasa yang gurih dan cukup mirip dengan emping, karena sama-sama bahan dasarnya melinjo. Ceplis cocok buat makanan pelengkap kamu, seperti emping.

9. Kerupuk dapros

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata Kulinerdaproskurupuk.blogspot.com

Kuliner khas Cilegon ini mungkin namanya sedikit asing di telinga kamu. Namun kerupuk ini sebetulnya mudah dijumpai sehari-hari. Kerupuk dengan bahan dasar terigu ini, memiliki warna-warni yang cantik serta dibentuk menyerupai mawar. Cocok untuk kamu jadikan cemilan, pelengkap makan, atau juga oleh-oleh.

10. Sate bandeng

10 Makanan dari Cilegon yang Jadi Favorit Pilihan Wisata KulinerInstagram.com/cbbtravel

Nah terakhir ada Sate Bandeng. Sate daging, sate ayam mungkin sudah biasa, ini adalah sate bandeng. Dengan cita rasa gurih, sate ini sangat cocok dimakan selagi panas juga bersama nasi putih hangat dan sambel.

Sate yang dibuat dari bandeng yang ditumbuk hingga halus ini juga sudah mudah dimakan karena tidak mengandung duri.

Nah jadi sudah ada ayam bekakak kranggot, sate bandeng, kue gipang, dan lainnya, kamu tertarik sama makanan khas Cilegon yang mana? Jangan lupa dicatat ke list wisata kuliner kamu kalau ke Cilegon ya!

 

Penulis: Agung Pratama Satria

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya