Comscore Tracker

Ciri Baby Blues dan Cara mengatasi Pakai Gratitude Journal 

Waspadai baby blues pada ibu yang baru melahirkan

Baby blues syndrome adalah perasaan sedih atau rasa cemas berlebihan dan dialami sejumlah perempuan setelah melahirkan. Perasaan sedih mendalam ini kerap diiringi tangisan tanpa ada alasan jelas.

Hal ini terungkap jurnal The Baby Blues and Postnatal Depression karya Suryati (1:2008). Ketika seorang ibu mengalami baby blues, sulit melihatnya tersenyum atau tertawa. Keseharian mereka akan diisi dengan kecemasan, ketegangan, kesedihan.

Jika tak diatasi, bukan tidak mungkin baby blues ini mengarah ke kondisi lebih parah, di mana sang ibu ingin melukai diri sendiri. Jangan sampai tambah parah, untuk itu baby blues harus diatasi. 

Nah, salah satu solusi untuk mengatasi baby blues dengan menulis gratitude journal atau jurnal terima kasih. Gratitude journal adalah jurnal berisi hal-hal yang disyukuri dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Abraham Maslow (1981), gratitude berperan penting dalam kebahagiaan untuk aktualisasi diri. 

Sementara itu, dikutip dari Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni vol 3 (132:2019), gratitude journal memberikan sebuah frame of reference yang baru bagi
 individu untuk menyadari dan mengatribusikan emosi positif pada peristiwa kehidupan positif yang mereka alami. 

Atas hal tersebut, diharapkan dengan adanya rutinistas kegiatan menulis gratitude journal, ibu menjadi lebih menghargai dirinya sendiri, sebab ternyata setidaknya ada hal yang patut disyukuri. 

Yuk simak ciri-ciri baby blues dan cara mengatasinya dengan cara menulis gratitude journal dalam ulasan berikut:

Baca Juga: 6 Ide Bermain Bersama Anak Usia 1-2 tahun

1. Ciri-ciri baby blues yang wajib kamu waspadai

Ciri Baby Blues dan Cara mengatasi Pakai Gratitude Journal Ciri Baby Blues dan Cara Mengatasinya Pakai Gratitudrd'e Journal (Pexels.com/karolinagrabowska)
  • Mudah lelah sehingga tidak mampu mengurus diri sendiri.
  • Cemas berlebihan.
  • Sensitif, mudah marah tidak mampu mengendalikan emosi.
  • Tidak nafsu makan.
  • Susah tidur.
  • Merasa kewalahan mengurus bayi.
  • Sulit mengambil keputusan.

2. Menulis Gratitude Journal hampir sama dengan menulis diary

Ciri Baby Blues dan Cara mengatasi Pakai Gratitude Journal Ciri Baby Blues dan Cara Mengatasinya Pakai Gratitudrd'e Journal (Pexels.com/karolinagrabowska)

Proses menulis gratitude journal sebagai jurnal catatan ungkapan terima kasih dapat menjadi pengingat bagi seorang ibu, agar mensyukuri setiap perkembangan yang ada pada diri maupun anak yang baru lahir.

Kegiatan ini dapat dilakukan oleh ibu dari bayi newborn atau bahkan bagi setiap ibu. Sebab dalam hal ini, peran ibu dalam keluarga mengambil peran yang sangat penting. Kebahagiaan ibu adalah kunci utama dalam membangun keluarga serta rumah tangga yang bahagia.

Menulis gratitude journal hampir sama dengan menulis diary. Hanya saja, dalam gratitude journal hal-hal yang ditulis lebih condong ke arah hal-hal yang membuat ibu merasa bersyukur dan senang.

3. Manfaat menulis gratitude journal

Ciri Baby Blues dan Cara mengatasi Pakai Gratitude Journal Ciri Baby Blues dan Cara Mengatasinya Pakai Gratitude Journal (Pexels.com/ivansamkov)

Seorang peneliti bernama Robert A. Emmons, menegaskan bahwa rasa syukur dapat meningkatkan kebahagiaan dan mengurangi depresi. Bersyukur juga bisa menghasilkan pelepasan dopamin dan serotonin, yaitu neurotransmiter yang membuat kita merasa baik. Hal ini baik untuk mengurangi perasaan khawatir berlebih hingga depresi. Manfaat menulis gratitude journal diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Dapat menjadi lebih bahagia.
  • Dapat lebih menghargai diri sendiri.
  • Lebih rileks dalam menjalani kegiatan.
  • Mampu lebih produktif.
  • Menjadi lebih bersyukur dalam memaknai kehidupan.

Untuk meminimalisir perasaaan baby blues, tulislah gratitude journal tentang ibu yang misalnya merasa bersyukur sebab hari ini masakan yang ibu buat, disukai oleh seluruh anggota keluarga atau tulisan tentang betapa senangnya ibu karena habis check out baju baru di marketplace kesayangan ibu dan tulisan menyenangkan lainnya.

Baca Juga: Cara Menghitung Hari Kelahiran Buah Hati, Gampang Loh

Nah, bagaimana? menarik untuk dicoba kan? 
Yuk mulai buat gratitude journal agar ibu dapat menghindari risiko baby blues, hingga bisa terus mengingat betapa berharganya ibu! Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat.

Anggun Tifani Photo Community Writer Anggun Tifani

Seorang Ibu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya