TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengamat: 2 Paslon Cagub Banten Berpotensi Mobilisasi ASN

Kedua paslon memiliki kerabat yang jabat kepala daerah

Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Serang, IDN Times - Pengamat politik dan kebijakan publik, Ahmad Sururi, menilai bahwa potensi mobilisasi suara mesin birokrasi aparatur sipil negara (ASN) sangat tinggi di perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2024.

Diketahui, dua kandidat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi dan Andra Soni-Dimyati Natakusumah masing-masing memiliki kerabat yang menjadi kepala daerah di Banten.

Baca Juga: Profil Andra Soni, Cagub di Pilkada Banten

1. Kedua paslon memiliki kedekatan dengan tiga kepala daerah ini

Airin misalnya, memiliki ikatan keluarga dengan Ratu Tatu Chasanah selaku Bupati Serang dan Pilar Saga Ihsan selaku Wakil Wali Kota Tangerang Selatan. Selain itu, Airin juga memiliki jaringan kuat birokrasi kuat di Tangsel karena pernah menjabat wali kota dua periode di sana.

Sementara, di kubu lawan ada Ahmad Dimyati yang merupakan penguasa Kabupaten Pandeglang. Bahkan, bupati yang saat ini menjabat yakni Irna Narulita merupakan istri Dimyati.

"Potensi mobilisasi suara mesin birokrasi di Pandeglang, Serang dan Tangerang Selatan untuk kepentingan elektoral ini cukup tinggi," kata Sururi pada Selasa (10/9/2024).

2. Ini penyebab ASN tak mungkin netral di Pilkada 2024

Selain suara elektoral yang besar, kata Sururi, loyalitas, geografis dan kedekatan emosional menjadi beberapa faktor mengapa potensi ketidaknetralan birokrasi ini cukup tinggi.

Sururi menilai, ketidaknetralan ASN tersebut disebabkan dua pola yaitu dimobilisasi oleh tim pemenangan untuk memilih paslon tertentu dengan janji-janji.

Kemudian, ASN memobilisasi sendiri secara kolektif untuk mendukung salah satu calon dikarenakan meyakini paslon yang didukung akan memenuhi harapan mereka, terutama soal kesejahteraan dan jabatan.

"Netralnya mesin birokrasi dalam hal ini ASN dalam setiap pilkada sudah menjadi barang mahal," katanya.

Verified Writer

Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya