TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pelestari Cina Benteng Dapat Penghargaan dari Kemendibud

Oey Tjin Eng merupakan pengurus kelenteng di Kota Tangerang

Dok. Pemkot Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Salah satu warga Kota Tangerang menerima penghargaan sebagai Anugerah Kebudayaan Indonesia tahun 2023 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dia adalah Oey Tjin Eng.

Oey Tjin Eng menerima penghargaan pada kategori pelestari untuk individu atas dedikasinya yang telah melestarikan tradisi dan budaya Cina Benteng.

Baca Juga: Pemkot Tangerang Buka Pendaftaran Pegawai PPPK, Ini Jadwalnya

1. Oey Tjin Eng senang karena dapat apresiasi dari pemerintah

Dok. Pemkot Tangerang

Oey Tjin Eng mengaku terharu atas penghargaan yang diterimanya ini. Setelah sekian lama, upayanya dalam melestarikan budaya akhirnya mendapat apresiasi.

Dia mengakui bahwa sebelumnya dia memang telah mengirimkan portofolio kegiatan yang pernah ia lakukan, kepada Kemendikbud. "Terharu selama saya belajar itu tidak percuma dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah," ujar Oey Tjin Eng.

2. Oey Tjin Eng telah mengabdi selama 15 tahun

Dok. Pemkot Tangerang

Oey Tjin Eng telah mengabdikan dirinya kepada upaya pelestarian budaya Cina Benteng selama 15 tahun. Salah satu yang dilakukannya ialah mengurus Kelenteng Boen Tek Bio.

Selama itu ia kerap menerima kunjungan pelajar, mahasiswa dan masyarakat yang ingin mengetahui atau bahkan melakukan riset sejarah Cina Benteng.

"Banyak mahasiswa membuat skripsi jumlahnya kurang lebih 500 mahasiswa, juga ada mahasiswa jenjang S-2 dan S-3.  Seluruhnya berasal dari berbagai daerah di Indonesia, ada juga mahasiswa Indonesia yang sedang studi di kampus Tiongkok ambil penelitiannya tentang Cina Benteng," ungkapnya.

Baca Juga: Benteng Speelwijk, Saksi Bisu Monopoli VOC di Tanah Jawara

Berita Terkini Lainnya