Dalam 4 Hari, 7.652 Anak di Kabupaten Serang Sudah Vaksinasi 

Ini baru sekitar 4 persen dari target anak 6-11 tahun

Serang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Serang mencatat, sudah 7.652 anak usia 6 sampai 11 tahun menerima vaksinasi COVID-19. Jumlah itu sekitar 4,58 persen dari target.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengutarakan, jumlah anak yang sudah divaksinasi itu diperoleh dalam 4 hari pelaksanaan, yakni periode 17 hingga 20 Januari 2022. 

Baca Juga: Kabupaten Serang Mulai Vaksinasi Anak Senin Pekan Depan

1. Ada 166.999 jiwa yang menjadi target vaksinasi anak 6-11 tahun

Dalam 4 Hari, 7.652 Anak di Kabupaten Serang Sudah Vaksinasi ANTARA FOTO/Muhammmad Iqbal

Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, kata Agus, menargetkan 166.999 anak menerima vaksinasi COVID-19. Setiap harinya, petugas juga menargetkan bisa menyuntik 5 ribu anak.

"(Dengan target itu) Vaksinasi anak bisa selesai selama satu bulan ke depan," kata Agus, seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/1/2022). 

2. Sejumlah sekolah masih harus menunggu karena berbagai alasan

Dalam 4 Hari, 7.652 Anak di Kabupaten Serang Sudah Vaksinasi Ilustrasi siswa belajar (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Pencapaian target vaksinasi pada anak itu belum bisa direalisasikan di beberapa kecamatan karena petugas masih harus sosialisasi kepada para orangtua. “Jadi memang perlu waktu,” katanya. 

Selain itu, ada beberapa sekolah yang sudah melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) pada Desember dan Januari. Anak-anak yang mengikuti program ini terpaksa harus menunggu selama 14 hari setelah vaksinasi BIAS. 

“Berarti kan dia jadwalnya tidak bisa serentak sekaligus semua, harus juga menyesuaikan dengan kondisi PTM (pembelajaran tatap muka), misalkan hari ini kelas satu sebanyak 35 anak, hanya 50 persen yang masuk,” terang Agus.

3. Di 4 hari pelaksaaan, Dinkes belum temukan KIPI

Dalam 4 Hari, 7.652 Anak di Kabupaten Serang Sudah Vaksinasi ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Agus memastikan, pelaksanaan vaksinasi anak selama 4 hari terakhir belum menerima adanya laporan kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI. 

“Alhamdulillah sampai hari ini KIPI tidak kami temukan, baik itu KIPI ringan atau sedang. Alhamdulillah salah satunya belum ada laporan,” jelas Agus.

Sebelumnya Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mencanangkan dimulainya vaksinasi anak Kabupaten Serang untuk usia 6-11 tahun di SDN Ciruas 1 pada Senin, 17 Januari 2022. Bupati Tatu pun langsung memberikan semangat kepada para siswa yang tengah divaksin.

Baca Juga: Miris, Gadis Difabel Mental di Serang Malah Dinikahkan ke Pemerkosanya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya