Comscore Tracker

Kabur dari Lapas Tangerang, Cai Changpan Masuk Daftar DPO

Polda Metro Jaya kerja sama dengan Polres Tangerang

Tangerang, IDN Times - Cai Changpan, narapidana asal Tiongkok tak kunjung ditemukan setelah kabur dari Lembaga Pemasyarakatan I Tangerang. Polda Metro Jaya bersama Polres Metro Tangerang Kota telah memasukkan narapidana (napi) Cai Changpan ke dalam daftar pencarian orang (DPO). 

Cai Changpan alias Antoni kabur dari Lapas Kelas I Tangerang pada 14 September 2020. Cai Changpan merupakan bandar narkoba yang divonis hukuman mati oleh Pengadilan Negeri (PN) Kota Tangerang pada 19 Juli 2017.

Baca Juga: 7 Fakta Cai Changpan, Napi Asal Tiongkok yang Kabur dari Lapas

1. Selebaran dengan wajah Cai Changpan sudah diedarkan

Kabur dari Lapas Tangerang, Cai Changpan Masuk Daftar DPOCai Changpan, WNA asal Tiongkok yang kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang jadi DPO (Dok. IDN Times/Istimewa)

Polda Metro bekerja sama dengan Polres Tangerang telah menerbitkan selebaran DPO. Di dalam selebaran itu terdapat sejumlah informasi penting mengenai Cai Changpan, demikian dikutip dari ANTARA, Jumat (2/10/2020). 

"Betul, jadi sudah dimunculkan DPO ke yang bersangkutan, itu benar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. 

Selebaran tersebut juga mencantumkan nomor telepon Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota di nomor 081253178671, yang bisa dihubungi oleh masyarakat yang mempunyai informasi mengenai keberadaan Cai Changpan.

2. Jika bantu sembunyikan Cai Changpan, warga bisa dipidana hingga 2 tahun bui loh

Kabur dari Lapas Tangerang, Cai Changpan Masuk Daftar DPOilustrasi tahanan kabur (ANTARAnews)

Yusri juga mengimbau agar tidak seorangpun yang melindungi dan menyembunyikan sang napi. Dia juga mengingatkan ada sanksi pidana yang menanti pihak yang menghalangi tugas polisi dengan menyembunyikan tersangka.

"Pasal 223 KUHP, barang siapa dengan sengaja melepaskan atau menolong, melindungi orang yang ditahan atau napi bisa dihukum pidana dua tahun delapan bulan," tegas Yusri.

Selebaran informasi DPO yang disebar oleh pihak kepolisian tersebut turut menyertakan dua foto wajah Cai Changpan.

3. Penampakan gorong-gorong yang dijadikan akses kabur Cai Changpan

Kabur dari Lapas Tangerang, Cai Changpan Masuk Daftar DPOGorong-gorong di lapas kelas 1 Tangerang, yang dijadikan sebagai akses kaburnya napi WNA Tiongkok (Dok. Lapas Kelas 1 Tangerang)

Diberitakan sebelumnya, hasil penyelidikan awal Polda Metro Jaya mengungkapkan Cai Changpan sudah merencanakan pelariannya dengan menggali terowongan sejak delapan bulan.

Cai diduga mendapatkan alat-alat untuk menggali kamar tahanannya hingga masuk ke gorong-gorong. Dia menggunakan alat seadanya dari proyek pembangunan dapur yang sedang berlangsung di dalam Lapas Tangerang. 

Dari gorong-gorong itu, Cai Changpan berhasil mencari jalan hingga keluar lapas. 

Baca Juga: Penampakan Gorong-gorong yang Dijadikan Jalan Kabur Napi Tiongkok

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya