Comscore Tracker

Ada Larangan Mudik, Sandiaga: Wisata di Banten Diuntungkan

Dapat limpahan kunjungan wisatawan nih~

Serang, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, destinasi wisata di Provinsi Banten bakal mendapat keuntungan dengan pelarangan mudik di Lebaran 2021. Banten, kata dia, akan mendapat limpahan kunjungan wisatawan yang gak jadi mudik.

"Oleh karena protokol kesehatan yang disiplin dan semua destinasi harus menyiapkan termasuk toiletnya," kata Sandi saat mengecek sejumlah tempat wisata di Banten, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga: Pinjaman Pusat Terancam Batal, Bagaimana Nasib Proyek di Banten?

1. Desa wisata bisa jadi alternatif jika terjadi over kapasitas

Ada Larangan Mudik, Sandiaga: Wisata di Banten DiuntungkanMenteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar memukul kentongan sebagai tanda peresmian PT Pasar Desa Indonesia berbasis Bumdes di Desa Guwosari Bantul, DIY. ANTARA/Hery Sidik

Pihaknya akan meningkatkan infrastruktur desa wisata agar dapat menjadi tempat wisata alternatif. Maksudnya, kata dia, jika destinasi wisata yang ada melebihi kapasitas,  di tengah penerapan protokol kesehatan, tempat wisata alternatif itu bisa menjadi tujuan.

Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi lokomotif untuk membangkitkan dan pemulihan agenda pemulihan ekonomi nasional.

"Pemerintah akan memastikan prokes yang ketat dan disiplin, testing, tracing dan treatment terakhir vaksinasi kita genjot," katanya.

2. Infrastruktur destinasi wisata akan diperbaiki

Ada Larangan Mudik, Sandiaga: Wisata di Banten DiuntungkanIDN Times/Fitang

Sandiaga menyampaikan, Kemenparekraf akan memberikan bantuan untuk perbaikan infrastruktur sejumlah tempat wisata di Banten. Salah satu sektor yang ramah terhadap kaum disabilitas agar wisata kekinian lebih inklusif.

"Karena teman-teman disabilitas harus menjadi bagian dari pariwisata jadi atraksinya inklusif penyandang disabilitasnya," katanya.

3. Sandiaga: paruh kedua 2021 jadi awal kebangkitan dunia pariwisata

Ada Larangan Mudik, Sandiaga: Wisata di Banten DiuntungkanIlustrasi sejumlah wisatawan memanfaatkan waktu rekreasi ke pantai tak gunakan masker. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Sandiaga juga memprediksi paruh kedua tahun 2021 bisa menjadi awal kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif. Sektor ini termasuk yang paling terpukul dan terpuruk terkena pandemik COVID-19.

Namun, Sandiaga memberi catatan bahwa hal itu bisa tercapai dengan sejumlah syarat tertentu, termasuk program vaksinasi COVID-19.

"Jika angka COVID-19 bisa kita tekan, semua disiplin prokes yang ketat, jika testing tracing bisa diperluas. Tahun ini mungkin kita mengawali kebangkitan," katanya.

Baca Juga: Nih Syarat Lansia Lebak yang Bisa Vaksinasi COVID-19

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya