Airin Ingin Borong Partai Politik di Pilkada Banten 2024

Dia ingin mengajak partai pengusung Prabowo-Gibran bergabung

Serang, IDN Times - Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany akan membentuk koalisi besar dan memborong partai politik untuk menjadi kendaraan politiknya maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2024.

Saat ini, bakal calon gubernur dari Partai Golkar tersebut telah mendaftar ke semua partai yang membuka penjaringan Cagub dan Cawagub Banten, seperti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nasdem, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Alhamdulillah saya ingin mengajak semua (partai berkoalisi), karena pengalaman saya di Tangsel tidak bisa bekerja sendiri," kata Airin usai menyerahkan formulir pendaftaran di DPW Nasdem Provinsi Banten, Senin (6/5/2024).

1. Airin mengajak KIM bergabung di Pilkada Banten

Airin Ingin Borong Partai Politik di Pilkada Banten 2024IDN Times/Khaerul Anwar

Selain itu, kata Airin, DPD Partai Golkar Banten yang dipimpin oleh Ratu Tatu Chasanah saat ini tengah berkomunikasi dengan partai politik dalan Koalisi Indonesia Maju (KiM) yang mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024, untuk kembali bersama di perhelatan Pilgub Banten mendatang.

"Bu Tatu sudah duduk bersama dengan pak Andra (ketua Gerindra Banten), terutama dengan partai Koalisi Indonesia Maju," katanya.

Baca Juga: Menjabat 2 Periode, Segini Kekayaan Bupati Serang Ratu Tatu

2. Airin bakal mengikuti penjaringan di semua partai yang buka pendaftaran

Airin Ingin Borong Partai Politik di Pilkada Banten 2024IDN Times/Khaerul Anwar

Menurut Airin, Partai Golkar merupakan partai kuat dan besar di Provinsi Banten. Terlebih dalam Pemilu 2024, partainya mendapatkan 14 kursi DPRD Banten dan perolehan suara terbanyak.

Kendati begitu, ia mengaku harus tetap melakukan penjajakan dengan sejumlah partai untuk mendapat tiket dukungan kepada dirinya. Sebab, syarat untuk maju Pilkada Banten 2024 harus mencapai 20 kursi.


"Bukan koalisi besar tapi koalisi bersama, setiap ada yang buka penjaringan saya akan datangi karena silaturahmi itu penting menurut saya," katanya.

Baca Juga: Demokrat-Gerindra Isyaratkan KIM Berlanjut di Pilkada Banten 

3. Airin siap mundur sebagai anggota DPR RI terpilih

Airin Ingin Borong Partai Politik di Pilkada Banten 2024IDN Times/Khaerul Anwar

Dalam kesempatan tersebut pun, adik ipar Mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah itu menegaskan, dia siap mundur sebagai anggota DPR RI terpilih meski berhasil memperoleh suara tertinggi di Dapil III Banten, mengungguli dua mantan orang nomor satu di Banten Rano Karno dan Wahidin Halim.

"Saya siap mengikuti ketentuan yang berlaku kalau harus mundur saya siap mundur (DPR RI)," katanya.

Baca Juga: Golkar Juara di Banten III, Airin Raih 302.878 Suara

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya