Dimyati Hingga Airin Berebut Restu Putra Bungsu Jokowi

Keduanya telah mendaftar ke PSI sebagai cagub Banten

Serang, IDN Times - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ahmad Dimyati Natakusumah, resmi menyerahkan formulir penjaringan bakal calon (bacagub) Banten ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kamis (9/5/2024).

Selain Dimyati, ada dua bacagub Banten lain yang telah mendaftar ke PSI. Yakni mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, dan Ratu Ageng Rekawati. Ketiganya mengikuti penjaringan dengan berharap restu putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

1. Calon yang diusung putuskan langsung oleh Kaesang

Dimyati Hingga Airin Berebut Restu Putra Bungsu JokowiKetum PSI, Kaesang Pangarep saat konferensi pers di Kantor DPP PSI pada Kamis (21/3/2024). (IDN Times/Amir Faisol)

Ketua DPW PSI Banten, Muhammad Hafiz Ardianto mengatakan, setiap bakal calon kepala daerah yang mendaftar akan menjalani tahapan tes wawancara dengan pengurus DPP PSI. Selain itu, pihaknya akan menggelar survei internal terhadap orang-orang yang telah mendaftar.

"Kita kan sistemnya online ya, yang daftar ini online dan itu tersambung dengan DPP maka semua langsung masuk ke DPP semuanya," kata Hafiz di Kantor DPW PSI Banten, Kamis (9/5/2024).

Dari hasil penjaringan tersebut, pihaknya akan memberikan rekomendasi ke DPP PSI, terkait siapa orang yang bakal diusung oleh partainya di Pilkada Banten tersebut, dan akan diputuskan langsung oleh Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum.

"Yang pasti yang kita usung bisa memajukan Banten dan menyejahterakan Banten. Banten telah puluhan tahun maka harus ada lompatan perubahan," katanya.

2. Alasan Dimyati daftar ke PSI: punya jaringan kuat

Dimyati Hingga Airin Berebut Restu Putra Bungsu JokowiIDN Times/Khaerul Anwar

Di tempat yang sama, Dimyati Natakusumah mengungkapkan, alasannya ikut penjaringan Cagub Banten ke PSI adalah partai ini disi oleh anak muda dan memiliki jaringan yang kuat. Terbukti dari hasil Pemilu kemarin, suara PSI mengalami peningkatan drastis. Bahkan, kursi DPRD Banten bertambah dari satu kursi menjadi tiga kursi.

"Saya nilai partai ini punya prospek ke depan. PSI solid ada di hati anak muda dan punya jaringan luar biasa," katanya.

3. Demi diusung, Airin siap menjalankan program PSI

Dimyati Hingga Airin Berebut Restu Putra Bungsu JokowiIDN Times/Khaerul Anwar

Terpisah, Airin yang telah lebih dulu mendaftar ke PSI menyatakan kesiapan menjalankan segala program yang menjadi komitmen PSI dalam membangun Indonesia. Sehingga ia berharap mendapat tiket PSI untuk maju di Pilgub Banten.

"Makanya tagline saya adalah Banten maju bersama, dalam rangka untuk membuat masyarakat Banten tangguh, mandiri, sejahtera berlandaskan iman, dan takwa,” katanya.

Saat disinggung soal agenda PSI terkait dengan menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan, Airin mengatakan hal itu sudah menjadi prinsip seperti yang ia jalankan ketika menjadi Wali Kota Tangsel.

"Dengan pemerintahan yang efektif, transparan dan bersih, maka pelayanan publik akan menjadi meningkat,” katanya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya