Eki Dinilai Bakal Jadi Lawan Kuat Adik Atut di Pilkada Serang 

Jika benar terjadi keduanya berhadapan

Serang, IDN Times - Pengamat politik Abdul Hamid menilai Eki Baehaki akan menjadi lawan yang kuat bagi calon petahana Ratu Tatu Chasanah dan Panji Tirtayasa di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Serang 2020 mendatang.

Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Serang itu mengatakan, pertarungan dua kubu ini akan berlangsung menarik jika benar-benar keduanya berhadapan.

"Ada potensi Eki jadi lawan kuat (Tatu) tergantung strateginya," kata Hamid  pada Jumat (5/6).

Baca Juga: Didukung Demokrat, Eki Baihaki Siap Lawan Adik Atut di Pilkada Serang 

1. Dua kubu saling mengetahui kelemahan dan kekuatan masing-masing

Eki Dinilai Bakal Jadi Lawan Kuat Adik Atut di Pilkada Serang IDN Times/khaerul anwar

Ratu Tatu Chasanah  yang juga adik kandung Ratu Atut Chosiyah itu mendampingi ayah Eki, Ahmad Taufìk Nuriman sebagai Wakil Bupati Serang. Kedua kubu ini pernah berkolaborasi sehingga pasti mengetahui kekuatan dan kelemahan masing-masing.

"Pernah kerja sama dua-duanya tahu dapur masing-masing, tahu bagusnya masing-masing tahu juga aibnya masing-masing, jadi bisa juga saling menelanjangi sebetulnya. Bakal menarik," katanya.

2. Kedua kubu harus mampu membangun koalisi yang solid

Eki Dinilai Bakal Jadi Lawan Kuat Adik Atut di Pilkada Serang IDN Times/Khaerul Anwar

Disampaikan Hamid, untuk menjadi pesaing kuat dari keluarga dinasti Atut, Eki harus membangun koalisi yang kuat dan mampu memetakan persoalan di Kabupaten Serang yang tidak mampu ditangani oleh calon petahana.

"Eki maupun bapaknya kan selalu bilang pengangguran itu isu yang selalu mereka omongkan its oke itu poin yang bagus pengangguran bisa dibawa, persoalan kemacetan dan banjir di baros, jalan-jalan rusak di beberapa titik maennya di isu yang berkaitan langsung dengan masalah yang ada di masyarakat seperti itu,"

Baca Juga: Daftar Nama Dinasti Ratu Atut di Panggung Politik Banten

3. Jejak Tatu di pilkada sebelumnya

Eki Dinilai Bakal Jadi Lawan Kuat Adik Atut di Pilkada Serang Mural Pilkada Serentak 2020 ( ANTARA FOTO/Fauzan)

KKalau berkaca dari pengalaman Pilkada kabupaten Serang sebelumnya, menurut Hamid, Tatu dan Panji sedikit kewalahan melawan pasangan Ahmad Syarif Madzkurullah - Aep Saepullah. Padahal, imbuhnya, sang penantang tidak terlalu dikenal di masyarakat, namun mampu memperoleh suara sebesar 40 lebih pada saat itu.

"Artinya walaupun Tatu dianggap calon terkuat, bukan tidak mungkin ada kekecewaaan yang terpendam di masyarakat ketika ada calon lain yang menjanjikan," katanya.

Untuk diketahui, di Pilkada 2020 calon petahana sudah mendapat dukungan lima partai yakni PDIP, Golkar, Hanura, PPP dan PKS. Sementara Eki baru mendapat dukungan Demokrat dan PAN.

Baca Juga: Gabung PDIP dan Golkar, PKS Usung Adik Atut di Pilkada Serang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya