Ibu dan Anak Dilantik Jadi Anggota DPRD Banten  

Savira juga menjadi salah satu anggota DPRD Banten termuda

Serang, IDN Times - Sebanyak 100 calon anggota legislatif terpilih resmi dilantik sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten periode 2024-2029. Uniknya,  terdapat ibu dan anak yang sama-sama dilantik.

Mereka merupakan caleg terpilih DPRD Banten dari Partai Nasdem. Sang ibu diketahui bernama Uswatun Hasanah, sementara sang anak merupakan Savira Alia Muktamara. Sang ibu pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 maju dari dapil Banten 6, sementara putrinya dari dapil Banten 4 Kabupaten Tangerang.

Baca Juga: Maju Pilkada, Fitron dan Ade Tetap Dilantik Jadi Anggota DPRD Banten 

1. Savira menjadi salah satu anggota DPRD Banten termuda

Ibu dan Anak Dilantik Jadi Anggota DPRD Banten  Dok. Istimewa/Ali Murdin

Savira yang masih berusia 25 tahun menjadi salah satu anggota DPRD Banten termuda pada periode 2024-2029 ini. Ayah Savira merupakan mantan anggota DPRD Banten 2019-2024. Ali Nurdin yang juga berasal dari partai yang sama.

Namun, pada Pemilu 2024, Ali yang maju menjadi Caleg DPR RI Dapil Banten III, tidak berhasil lolos ke Senayan.

"Jadi istri saya Uswatun Hasanah 2014-2019 anggota DPRD Kabupaten Tangerang, terus 2019 mencalonkan ke provinsi tapi belum (masuk). Tahun 2024 dengan anak saya mencalonkan diri, alhamdulillah berhasil," kata Ali Nurdin.

2. Savira tertarik ke politik karena sering ikut sang ayah terjun ke masyarakat

Ibu dan Anak Dilantik Jadi Anggota DPRD Banten  IDN Times/Khaerul Anwar

Ali menjelaskan, ketertarikan anaknya di politik merupakan inisiatif pribadi sendiri karena sering mendampinginya turun ke masyarakat selama menjadi wakil rakyat. "Savira juga kebetulan menyukai interaksi dengan masyarakat rupanya berkeinginan yang sama," katanya.

Bahkan, saat proses pencalonan pada Pemilu 2024 lalu, Savira kerap turun sendiri bersama timnya ke masyarakat untuk berkampanye.

"(Saat kampanye) Iya terjun bersama saya, sering juga sendiri ketemu masyarakat yang sudah dijadwalkan tim," katanya.

3. Latar belakang pendidikan Savira

Ibu dan Anak Dilantik Jadi Anggota DPRD Banten  Dok. Istimewa/Ali Nurdin

Politisi muda Nasdem itu juga memiliki latar belakang pendidikan yang cukup mumpuni. Savira kuliah S1 di Universitas Trisakti Jakarta, jurusan hukum dan S2 di Universitas Diponogoro (Undip) Semarang.

"Hingga saat ini Savira belum berkeluarga," katanya.

Baca Juga: Pelantikan DPRD Banten Jadi Ajang Reuni Keluarga Dinasti Ratu Atut 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya