Jalur Wisata Carita Via Mengger-Mandalwangi Ditutup 4 Bulan

Ada pelandaian Tanjakan Bangangah yang terlalu curam

Serang, IDN Times - Jalan Mengger-Mandalawangi menuju Kawasan Wisata Carita, Banten, ditutup selama empat bulan ke depan. Penutupan jalan karena ada pekerjaan rekonstruksi Tanjakan Bangangah, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang.

"Pada tanggal 21 Agustus hingga 30 November 2023, jalan Mengger-Mandalawangi-Caringin dialihkan total," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banten, Arlan Marzan, Minggu (27/8/203).

1. Ini skema pengalihan arus selama jalur wisata Carita via Mandalawangi ditutup

Jalur Wisata Carita Via Mengger-Mandalwangi Ditutup 4 BulanDok. Istimewa/Balawista

Meski ditutup total, namun masyarakat tak perlu khawatir, karena ada jalan alternatif yang bisa dilalui. Untuk pengguna jalan dari arah Pandeglang, bisa melewati jalan Labuan–Pandeglang, di pertigaan Mengger belok kiri ke arah Labuan. Tapi kalau melewati Jalan Mengger–Mandalawangi masih bisa juga, tapi hanya sebelum Tanjakan Bangangah.

"Untuk pengguna jalan di sekitar daerah Jiput–Mandalawangi, kalau mau arah Pandeglang, kalian bisa nih ambil jalur alternatif menuju Menes. Yaitu belok kanan dari pertigaan pasar Jiput," katanya.

2. Tanjakan yang memiliki sudut ketinggian yang curam bakal dilaindaikan

Jalur Wisata Carita Via Mengger-Mandalwangi Ditutup 4 BulanDok.istimewa/Pemprov Banten

Arlan menjelaskan, saat ini pihaknya tengah melaksanakan pekerjaan di segmen dua Tanjakan Bangangah. Pekerjaan itu meliputi pelebaran badan jalan Tanjakan Bangangah, peningkatan badan jalan dengan rigid lavement, perbaikan elevasi, dan pekerjaan pemancangan sheet pile.

Tanjakan Bangangah yang memiliki sudut ketinggian curam dengan panjang lintasan sekitar 500 meter, akan dilandaikan.

"Tahun 2023 ini akan dilaksanakan pembangunan Jalan Mengger-Caringin, yang di dalamnya termasuk perbaikan pada lokasi Tanjakan Bangangah," terang Arlan.

3. Sebelumnya, pengguna jalan mengeluh kesulitan melintasi Tanjakan Bangangah

Jalur Wisata Carita Via Mengger-Mandalwangi Ditutup 4 BulanDok. Istimewa/Balawista

Pekerjaan ini dilaksanakan dalam rangka merespon keluhan masyarakat, karena sebelumnya banyak kendaraan yang mengalami kesulitan untuk melintasi Tanjakan Bangangah.

"Kepada masyarakat, kami juga memohon maaf karena selama pelaksanaan akan ada pengalihan lalu lintas demi keselamatan pengguna jalan," kata Arlan.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya