Kapasitas Bed untuk Pasien COVID-19 di Banten Sudah Terisi 90 Persen

Kasus di Banten didominasi pasien OTG

Serang, IDN Times - Kasus COVID-19 di Banten terus bertambah. Hingga saat ini, tercatat total ada sebanyak 7.700 kasus penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu di Tanah Jawara.

Dari jumlah total itu, sebanyak 1.238 orang masih menjalani perawatan. Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, mayoritas orang yang terpapar di wilayahnya berstatus orang tanpa gejala dan menjalani isolasi secara mandiri di rumah.

Sementara Bed Occupancy Rate (BOR) di sejumlah RS di Banten sudah menyentuh 90 persen.

"Kalau protokol kesehatan tidak baik akan tambah mata rantai dan klaster yang kita khwatir bahwa terjadi nanti suasana kalau banyak yang terkena fasililtas OTG peratanannya harus optimal kan. Sekarang RS sudah 90 persen," kata Wahidin Halim, Selasa (20/10/2020).

1. Jumlah pasien sembuh juga meningkat signifikan

Kapasitas Bed untuk Pasien COVID-19 di Banten Sudah Terisi 90 PersenSupir dari Bus Sekolah yang beralih tugas menjadi Supir Pengantar Pasien COVID-19 (Instagram.com/bussekolahjakarta)

Kendati jumlah kasus baru terus bertambah setiap hari, Wahidin mengklaim angka kesembuhan pasien corona meningkat di Banten. Berdasarkan data yang dìhimpun Dinas Kesehatan Banten, dari sebanyak 7.700 kasus positif corona di wilayahnya, sebanyak 6.205 orang sudah dinyatakan sembuh.

"Sekarang sudah 7 ribu lebih yang konfirmasi positif tapi kalau dari angka penyembuhan cukup tingggi kemarin cukup rendah. Dari perkembangan sekarang angka kesembuhan tinggi dan kematian rendah," katanya.

2. Zona merah di Banten tinggal Tangsel

Kapasitas Bed untuk Pasien COVID-19 di Banten Sudah Terisi 90 PersenIlustrasi zona merah COVID-19, Ilustrasi klaster keluarga (IDN Times Dini Suciatiningrum)

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Banten merilis Kota Tangerang Selatan menjadi satu-satunya daerah zona merah penyebaran COVID-19, berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per Senin (19/10/2020).

Hingga saat ini ada sebanyak 1.437 kasus positif corona di Tangerang Selatan. Sebanyak 105 orang masih dirawat, 1.259 orang sembuh dan 73 orang meninggal dunia.

"Hari-hari ini penambahan tetap ada terutama didominasi dari masyarakat Tangsel, Kabupaten, Kota Tangerang dan Cilegion," katanya.

Baca Juga: Tangsel Satu-Satunya Zona Merah COVID-19 di Banten

3. Tangerang Raya akan menjadi prioritas penyuntikan vaksin

Kapasitas Bed untuk Pasien COVID-19 di Banten Sudah Terisi 90 PersenIlustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Arief Rahmat)

Pemerintah pusat telah mencanangkan penyuntikan vaksin corona untuk sebanyak 9,1 juta warga. Wahidin menyampaikan, pihaknya belum mengetahui berapa jumlah vaksin yang didapat. Namun, pihaknya akan memprioritaskan zona merah.

"Saya kira Tangerang Raya bagian yang diperhatian karena dominan di situ," katanya.

Baca Juga: KPK Dalami Persoalan Aset Negara di Tangerang Raya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya