Comscore Tracker

Kasus Melonjak, Pemkot Cilegon Siapkan Tempat Isolasi Pasien COVID-19

Cilegon mendekati zona merah guys. Waspada!

Cilegon, IDN Times - Kasus positif corona atau COVID-19 di Kota Cilegon melonjak satu pekan terakhir. Hal ini terjadi lantaran mulai muncul klaster keluarga di Kota Baja tersebut yang disebabkan sejumlah orang yang terpapar COVID-19 berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Berdasarkan hasil tim pakar epidemiologi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kota Cilegon dan Kabupaten Lebak menjadi daerah yang berstatus mendekati zona merah penyebaran virus yang berasal dari negeri tirai bambu. Kini masih berstatus zona oranye.

Baca Juga: 5 Pegawai Pemkot Cilegon Reaktif Usai Ati Dinyatakan Positif COVID-19

1. Pemkot menyiapkan tempat isolasi pasien OTG

Kasus Melonjak, Pemkot Cilegon Siapkan Tempat Isolasi Pasien COVID-19Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tulungagung. Dok.IDN Times/Istimewa

Untuk memutus mata rantai klaster keluarga, Pemerintah Kota Cilegon akan menyiapkan tempat isolasi pasien corona yang berstatus OTG. Mengingat, sejauh ini pasien tanpa gejala menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Kalau bisa kita akan minta di asrama KS (Krakatau Steel) kalau tidak bisa di Cikeray (rumah sunggah milik Dinsos)," kata Wali Kota Cilegon Edi Ariyadi saat dikonfirmasi, Selasa (15/9/2020).

2. Lahan pemakaman khusus pasien COVID-19 yang meninggal pun disiapkan

Kasus Melonjak, Pemkot Cilegon Siapkan Tempat Isolasi Pasien COVID-19Pasien meninggal dunia diangkat untuk proses pemakaman COVID-19. Dok.IDN Times/bt

Selain menyiapkan tempat untuk isolasi pasien, pemkot pun tengah mempersiapkan lahan pemakaman bagi pasien-pasien COVID-19 yang meninggal. 

"Khawatir ada warga yang menolak pemakaman pasien corona di lingkungannya. Kita siapkan (lahan yang cukup) sebanyak 40 orang. Bukan mendoakan, tapi mengantisipasi," katanya.

3. Sejauh ini, ada sebanyak 270 kasus di Cilegon

Kasus Melonjak, Pemkot Cilegon Siapkan Tempat Isolasi Pasien COVID-19Ilustrasi pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Danish Siddiqui

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Kesehatan Provinsi Banten ada sebanyak 270 kasus positif corona di Kota Cilegon. Rinciannya, sebanyak 128 orang masih dirawat, sebanyak 132 orang sembuh dan sebanyak 10 orang meninggal dunia.

Baca Juga: Calon Petahana Pilkada Cilegon Ati Marliati Positif COVID-19

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya