Muncul Klaster Liburan Nataru, Serang dan Cilegon Kembali Zona Merah 

Ada 4 daerah di Banten yang zona merah

Serang, IDN Times - Empat daerah di Provinsi Banten yaitu Kota Cilegon, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan masuk zona merah penyebaran COVID-19.

Jumlah tersebut terjadi penambahan dengan sebelumnya hanya ada tiga zona merah. Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Banten, sebelumnya hanya ada tiga daerah di Banten yang masuk zona merah. Mereka adalah Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Lalu hari ini, Kota Tangerang berubah menjadi zona oranye.

Baca Juga: 11 Warga Banten Jadi Korban Kecelakaan Sriwijaya Air SJY 182

1. Dampak muncul klaster liburan nataru

Muncul Klaster Liburan Nataru, Serang dan Cilegon Kembali Zona Merah Tenaga kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada pengunjung Kebun Binatang atau Bandung Zoological Garden (Bazoga), Jawa Barat, Minggu (27/12/2020). Pemerintah Kota Bandung memberikan layanan tes cepat antigen secara gratis kepada wisatawan yang mengunjungi Bazoga guna mencegah penyebaran COVID-19 selama libur Natal dan Tahun Baru 2021. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti,  tingginya penambahan kasus baru COVID-19 merupakan dampak dari libur panjang natal dan tahun baru (nataru). Dia menyebut, dampak libur panjang terhadap penambahan kasus COVID-19 baru bisa dirasakan setelah dua pekan pascalibur.

Dampaknya, dua daerah--yakni Kota Cilegon dan Kabupaten Serang-- yang sebelumnya di zona oranye kini naik status menjadi zona merah.

Klaster libur Nataru pun menyebabkan bertambahnya klaster keluarga di dua daerah tersebut. "Kluster pasca liburan nataru, dan kluster keluarga," kata Ati, Selasa (12/1/2021).

2. Angka kasus baru di Banten terus naik

Muncul Klaster Liburan Nataru, Serang dan Cilegon Kembali Zona Merah Ilustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Sementara itu, jumlah kasus konfirmasi COVID-19 di Banten per hari ini adalah 21.620. Angka itu naik 193 kasus dibanding hari sebelumnya. Rinciannya, 3.267 orang masih dirawat, 17.709 orang sembuh dan 644 orang meninggal.

"Peta sebaran COVID-19 di Banten per 11 Januari 2021 semalam," katanya.

3. Vaksinasi tahap pertama segera dilaksanakan

Muncul Klaster Liburan Nataru, Serang dan Cilegon Kembali Zona Merah Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia menuturkan, untuk pencegahan penyebaran COVID-19 dalam waktu dekat akan digelar vaksinasi. Vaksinasi akan dilaksanakan oleh 5.695 tenaga vaksinator dengan tahap pertama akan diturunkan sebanyak 1.594 tenaga orang. Untuk termin pertama vaksin yang diterima Banten sebanyak 14.560 unit, yang akan diproyeksikan untuk tenaga kesehatan dan pejabat daerah.

"Sebanyak 245 puskesmas dan 107 rumah sakit siap melaksanakan vaksinasi COVID-19," tuturnya.

Baca Juga: Hanya Kota Serang dan Tangsel yang Dapat Vaksin Tahap I di Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya