PAN, Nasdem, dan PSI Gabung Koalisi Banten Maju Usung Andra-Dimyati  

Koalisi ini bakal dideklarasikan pekan depan

Serang, IDN Times - Sejumlah partai politik bakal bergabung bersama Partai Gerindra dan PKS mendukung Andra Soni dan Dimyati Natakusumah di Pemilihan Gubernur Banten (Pilgub) Banten 2024.

Ada tiga partai politik yang sudah dipastikan akan ikut bergabung, yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Partai-partai tersebut pekan depan akan deklarasi bersama di Pilkada Banten dengan nama 'Koalisi Banten Maju'.

Baca Juga: Duet dengan Andra Soni, Dimyati: Bakal Diusung Koalisi Besar

1. Pimpinan ketiga partai ini turut hadir dalam kegiatan pengusungan Andra-Dimyati

PAN, Nasdem, dan PSI Gabung Koalisi Banten Maju Usung Andra-Dimyati  Dok. Instagram Sufmi Dasco

Kepastian bergabungnya tiga partai tersebut terlihat saat momen deklarasi Partai Gerindra dan PKS mengusung Andra-Dimyati di salah satu hotel di Tangerang Selatan pada Minggu (30/6/2024).

Dalam acara pengusungan Andra Soni-Dimyati Natakusumah turut hadir Waketum PAN, Yandri Susanto, Ketua DPW NasDem Banten, Wahidin Halim, Dewan Pembina PSI, Isyana Bagoes Oka, Ketua DPW PKS Banten, Gembong R Sumedi.

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengklaim sudah ada dukungan dari PKB dan PPP serta penajajakan dengan Partai Demokrat.

"Yang belum hadir tapi sudah menyatakan dukungan, masih ada dari Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan, dan masih dalam komunikasi Partai Demokrat," kata Dasco.

2. Wahidin bakal turun gunung untuk mengenalkan sosok Andra

PAN, Nasdem, dan PSI Gabung Koalisi Banten Maju Usung Andra-Dimyati  IDN Times/Khaerul Anwar

Saat dikonfirmasi, Ketua DPW Partai Nasdem Banten Wahidin Halim membenarkan telah adanya kesepakatan dengan sejumlah partai tersebut membangun Koalisi Banten Maju. Bahkan, mantan Gubernur Banten tersebut, akan terun gunung untuk mengenalkan sosok Andra Soni di basis suaranya di wilayah Tangerang.

"Waktu efektif dua bulan. Andra Soni saya akan bawa keliling ke masyarakat," katanya.

Pria yang akrab disapa WH itu juga yakin pasangan Andra Soni dan Dimyati bakal menang di Pilgub Banten 2024 ini dibawah komando sosok Dasco.

"Bang Dasco punya ilmu tenaga dalam. Walaupun kecil tenaganya luar biasa," katanya.

3. PSI membenarkan partainya ikut gabung Koalisi Banten Maju

PAN, Nasdem, dan PSI Gabung Koalisi Banten Maju Usung Andra-Dimyati  Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep. (www.instagram.com/@kaesangp)

Senada dengan Wahidin, Ketua PSI Banten Muhammad Hafiz Ardianto membenarkan bahwa partai besutan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep itu telah mendukung Andra-Dimyati dan bakal bergabung dengan Koalisi Banten Maju.

"Minggu depan insyaAllah deklarasi. PKB dan PPP juga insyaAllah gabung, kalau PSI ke Andra-Dimyati," kata Hafiz.

Baca Juga: Airin Klaim KIM Berlanjut di Pilgub Banten

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya