PDIP dan Demokrat Saling Klaim Menang di Dapil Banten II

PDIP ngaku unggul 25 suara, Demokrat klaim unggul 124 suara

Serang, IDN Times - PDIP dan Partai Demokrat mengklaim saling berhak mendapatkan kursi keenam DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) II Banten usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan penyandingan suara antara form C hasil dengan D hasil.

Pantauan IDN Times, proses penyandingan suara di 74 TPS KPU Kota Serang telah rampung melakukan penyandingan suara, pada Minggu (7/7/2024) pukul 02.00 WIB. KPU Kota Serang pun sempat menghitung ulang surat suara DPR RI di 20 TPS lantaran lembaran C hasilnya hilang.

Sementara, KPU Kabupaten Serang yang turut diperintahkan menyandingkan suara PDIP dan Partai Demokrat di 46 TPS telah selesai lebih dulu pada 3 Juli 2024 lalu.

1. PDIP klaim unggul 25 suara dari Demokrat

PDIP dan Demokrat Saling Klaim Menang di Dapil Banten IIIDN Times/Khaerul Anwar

Ketua DPC PDIP Kota Serang, Bambang Janoko mengatakan, berdasarkan hasil penyandingan suara PDIP yang semual semula sebanyak 143.703 suara, terkoreksi menjadi 142.154 suara setelah dikurangi sebayak 1.549 suara.

Sedangkan perolehan Demokrat yang semula 142.279 suara, dikoreksi menjadi 142.129 suara setelah dikurangi sebanyak 150 suara.

Atas hasil itu Bambang mengklaim politisi PDIP Syarifah Ainun Jariyah yang berhak mengisi kursi keenam di Senayan dari Dapil Banten II.

"Di sini PDIP unggul 25 suara, meski ada penyandingan kami tetap unggul. Ini jelas hasil penghitungan," kata Bambang.

2. PDIP sebut suara Demokrat berkurang 150 setelah hitung ulang 20 TPS

PDIP dan Demokrat Saling Klaim Menang di Dapil Banten IIIDN Times/Khaerul Anwar

Bambang menyampaikan, adanya pengurangan suara Demokrat itu terjadi setelah KPU Kota Serang menghitung ulang suara di 20 TPS. Begitu pula dengan suara PDIP. Penghitungan suara ulang itu juga disaksikan oleh saksi-saksi partai lain, selain saksi dari PDIP dan Demokrat yeng tengah bersengketa.

"Dari 20 TPS ada pengurangan dari partai lain dan Demokrat termasuk PDIP," katanya.

3. Demokrat juga klaim unggul 124 suara dari PDIP

PDIP dan Demokrat Saling Klaim Menang di Dapil Banten IIIDN Times/Khaerul Anwar

Di tempat yang sama, Demokrat mengklaim mereka berhasil menumbangkan PDIP setelah proses penyandingan suara. Perwakilan Demokrat, Farhan Aziz mengatakan, setelah proses penyandingan antara C hasil dan D hasil 120 TPS di Kabupaten Serang dan Kota Serang suara PDIP terkoreksi sebanyak 1.548 suara. Dengan rincian di Kabupaten Serang berkurang sebanyak 380 suara dan di Kota Serang sebanyak 1.168 suara.

"Jika kita melihat suara PDIP hari ini dari D hasil yang telah di batalkan, 143.703 suara dikurangi 1.548 artinya PDIP memiliki suara sah yang telah dibetulkan sebesar 142.155  suara," katanya.

Sedangkan perolehan suara Demokrat di Dapil II Banten hasil pleno penetapan KPU RI beberapa bulan lalu sebesar 142.179 suara. Tanpa menghitung pengurangan suara dari hasil hitung ulang di 20 TPS di Kota Serang. Atas hasil itu, kata dia, politisi Demokrat Nuraeni yang berhak duduk kembali di Senayan.

"Artinya ada selisih 124 suara yang membuat Demokrat unggul di atas PDIP dan berhak atas kursi Dapil Banten II," katanya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya