Pokja Relawan di Serang Pinjamkan Tabung Oksigen Gratis

Apa saja syaratnya untuk mendapatkan layanan ini?

Serang, IDN Times - Di tengah sulitnya mendapatkan tabung oksigen, sebuah komunitas bernama Pokja Relawan Banten meluncurkan gerakan penitipan dan peminjaman tabung oksigen secara gratis bagi warga Kota Serang dan sekitarnya.

Masyarakat yang sedang mengalami masa darurat membutuhkan oksigen, bisa meminjam tabung oksigen. Bahkan, mereka pun sudah menyediakan isinya.

Baca Juga: Darurat Oksigen di Sejumlah Zona Merah COVID-19

1. Pokja Relawan Banten membuka posko penitipan dan peminjaman gratis

Pokja Relawan di Serang Pinjamkan Tabung Oksigen GratisDok. Pokja Relawan Banten

Kordinator Relawan Banten Lulu Jamaludin mengatakan, gerakan ini muncul saat kasus COVID-19 melonjak dan permintaan oksigen meningkat di Banten. Di tengah-tengah kondisi itu, tabung oksigen  malah makin langka.

Sementara dari Pemerintah daerah belum mendirikan posko peminjaman tabung atau pengisian oksigen. Akhirnya, Lulu dan rekan komunitas relawan membuat posko penitipan dan peminjaman tabung oksigen secara gratis untuk masyarakat.

"Kita gak kenal (yang pinjam) orang mampu atau gak mampu, yang darurat kita pinjemin gratis sama oksigennya malah kita kasih juga," kata Lulu kepada IDN Times, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Pemilik Apotek Jual Obat COVID-19 dengan Harga 3 Kali Lipat

2. Pokja Relawan Banten Hanya melayani pasien yang sedang masa darurat

Pokja Relawan di Serang Pinjamkan Tabung Oksigen GratisDok. Pokja Relawan Banten

Disampaikan Lulu, untuk saat ini pihaknya hanya meminjamkan tabung oksigen untuk warga yang sedang dalam masa darurat dan membutuhkan oksigen.

Pihaknya tidak akan meminjamkan untuk cadangan karena stok tabung oksigen sangat terbatas karena jumlah tabung oksigen yang ada hanya 10 tabung.  Dari 10 tabung itu, 6 tabung sedang dalam peminjaman dan sisanya hanya 4 tabung.

"Sementara tabung sangat langka makanya kita selektif mungkin kalau yang urgent kita pinjemin tapi kalau untuk cadangan enggak," katanya.

Baca Juga: 5 Toko Camilan Enak di Tangerang Cocok Temani PPKM Darurat di Rumah

3. Syarat peminjaman tabung oksigen cukup mudah

Pokja Relawan di Serang Pinjamkan Tabung Oksigen GratisIlustrasi tabung oksigen medis. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi).

Bagi yang sedang membutuhkan atau yang ingin meminjam tabung oksigen bisa datang langsung ke Markas Fesbuk Banten di Jalan Glatik, Tegal Padang, Kelurhan Drangong, Kecamatan Taktakan Kota Serang. 

Warga juga bisa menghubungi nomor 08170050090 atas nama Lulu Jamaludin. Nanti, tim relawan akan langsung mendatangi rumah objek peminjam.

Syaratnya cukup mengisi form peminjaman dan memberikan fotocopy KTP."Untuk waktu peminjaman kita sesuaikan jika masa darurat (kritis) sudah lewat kita akan ambil," katanya.

Jika anda ingin membantu masyarakat yang sedang sulit mencari oksigen, bisa menitipkan oksigen yang tidak terpakai ke Pokja Relawan Banten.

Baca Juga: Arief: Faskes COVID-19 Kota Tangerang Terbanyak di Tangerang Raya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya