Serang Gak Pantas Jadi Ibu Kota Provinsi, Ini Kata Pj Gubernur 

Pemprov siap kolaborasi majukan Kota Serang

Serang, IDN Times - Pj Gubernur Banten Al Muktabar turut angkat bicara soal Kota Serang yang dianggap tidak layak menyandang gelar ibu kota provinsi karena masih banyak kawasan kumuh dan pembangunannya tertinggal dari daerah lain.

Al Muktabar mengatakan, sejauh ini agenda-agenda pembangunan infrastruktur yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi Banten digulirkan di Kota Serang.

"Kegiatan provinsi semua mendaratnya ada di kabupaten kota, termasuk Kota Serang. Agenda pembangunan terus berjalan, bahwa ada hal yang perlu kita tingkatkan perbaiki, itulah pembangunan," kata Al Muktabar, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga: Viral Tweet Eks Aktivis ICW Sebut Serang Gak Pantes Jadi Ibu Kota 

1. Kota Serang harus menata pembangunan daerah

Serang Gak Pantas Jadi Ibu Kota Provinsi, Ini Kata Pj Gubernur Masjid Agung Kesultanan Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Dia pun mendorong Pemerintah Kota Serang untuk menata pembanguan daerah agar identitas Kota Serang sebagai ibu kota provinsi terlihat secara nyata. Namun, dia berkeyakinan bahwa Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang telah memiliki konsep besar pembangunan daerah.

"Saya yakin pak wali kota dengan semua unsurnya punya agenda kuat untuk meningkatkan pembangunan di Kota Serang," katanya.

2. Pj Gubernur Banten siap berkolaborasi dengan Pemkot Serang

Serang Gak Pantas Jadi Ibu Kota Provinsi, Ini Kata Pj Gubernur Lambang Kota Serang (https://serang.serangkota.go.id)

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Banten mengatakan, Pemprov Banten siap berkomitmen untuk kolaborasi bersama Pemkot Serang guna kemajuan ibu kota provinsi.

"Semua akan kita upayakan bersama karena Klta Serang adalah kita (Pemprov Banten)," katanya.

3. Tweet pegiat antikorupsi soal Kota Serang gak pantas jadi ibu kota viral

Serang Gak Pantas Jadi Ibu Kota Provinsi, Ini Kata Pj Gubernur Dok Pemprov Banten

Diketahui sebelumnya, Pegiat antikorupsi Emerson Yuntho menyebut Kota Serang tidak layak menyandang gelar ibu kota Provinsi. Pernyataan mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) di akun Twitter pribadinya itu kemudian viral dan mendapat berbagai tanggapan dari netizen.

"Baru balik dari Serang-Banten, gak ada pantes2nya kota ini jadi Ibu Kota Provinsi," tulis Emerson dalam cuitannya dikutip, Selasa (7/2/2023).

Menanggapi itu, Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, bahwa Kota Serang ini baru menginjak usia ke-15 setelah berpisah dengan Kabupaten Serang. Tentu masih banyak kekurangan terutama dalam sektor pembangunan dan harus mendapat perhatian khusus dari pemerintah provinsi maupun pusat.

"Kota Serang ini merupakan representative ibu kota provinsi, tentunya jalan-jalannya harus mendapatkan prioritas baik perbaikan ataupun kualitas dan estetikanya. Mudah-mudahan pembangunan dan pemeliharaan kedepan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Serang," balas Syafrudin.

Baca Juga: Jenazah PMI Asal Tangerang Diserahkan ke Keluarga

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya