Comscore Tracker

Suku Baduy Juga Jadi Sasaran Vaksinasi COVID-19 

Vaksinasi di sana berbarengan dengan masyarakat umum

Lebak, IDN Times - Untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 dan membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional, pemerintah melakukan program vaksinasi untuk meningkatkan imunitas masyarakat.

Masyarakat adat Suku Baduy yang berada di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Banten tak luput dari sasaran program vaksinasi tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Ganti "Wisata Baduy" Jadi Saba Baduy!

1. Vaksinasi Baduy berbarengan dengan masyarakat umum

Suku Baduy Juga Jadi Sasaran Vaksinasi COVID-19 Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Lebak Firman Rahmatullah mengatakan, pemberian vaksinasi untuk masyarakat Baduy berbarengan dengan masyarakat umum, yakni pada tahap tiga dan tahap empat yang ditargetkan dimulai pada bulan April 2021. 

Pemerintah saat ini tengah menuntaskan vaksinasi pelayan publik. "Warga Baduy insyaallah (vaksinasi) kalau terdata. Jadi itu (Baduy) juga bagian dari wilayah Provinsi Banten," kata Firman saat dikonfirmasi, Senin (1/3/2021).

2. Sosialisai vaksinasi Baduy akan dilakukan sebulan sebelum vaksinasi

Suku Baduy Juga Jadi Sasaran Vaksinasi COVID-19 Warga Baduy Dalam menunggu wisatawan di Desa Kanekes, Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Disampaikan Firman, sebelum vaksinasi masyarakat Baduy, pihaknya terlebih dahulu akan bermusyawarah bersama tetua adat. Dalam musyawarah itu, program vaksinasi dbagi orang Kanekes yang tinggal di kaki pegunungan Kendeng itu menjadi isu utama.

"Pelaksanaan sosialisasi kalau terlalu jauh takut lupa. Sesuai arahan yang terdata kita vaksin karena harus ada NIK (nomor induk TKP)," katanya.

3. Vaksinasi di Lebak baru menyasar para pelayan publik dan nakes

Suku Baduy Juga Jadi Sasaran Vaksinasi COVID-19 Petugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Saat ini tahapan program vaksinasi di Kabupaten Lebak baru menyasar tenaga kesehatan dan petugas pelayan publik. Untuk vaksinasi nakes dosis pertama dan dosis kedua baru mencapai 80 persen. Sementara vaksinasi para pelayan publik sudah dimulai sejak Jumat (26/2/2021) lalu.

"Sudah mulai pelaksanaan pelayan publik. Sasaran pelayan publik itu kita dapat vaksin tahap pertama 1.450 untuk dua dosis dibagi dua alokasinya," katanya.

Baca Juga: 12 Pegawai Terpapar COVID-19, Disbudpar Lebak Tutup 3 Hari ke Depan 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya