Irjen Pol Abdul Karim Resmi Dilantik Jadi Kapolda Banten

Rudy dapat jabatan baru sebagai Pati Bareskrim Polri

Serang, IDN Times - Irjen Pol Abdul Karim resmi dilantik menjadi Kapolda Banten, menggantikan Irjen Pol Rudy Heriyanto. Upacara serah terima jabatan dipimpin langsung oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, di gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Diketahui sebelumnya, Kapolri memutasi sejumlah perwira tinggi melalui surat telegram ST/2360/X/KEP./2023, yang terbit pada 14 Oktober 2023 lalu.

"Pada hari ini sekitar pukul 13.00 WIB, Kapolri memimpin serah terima jabatan Kapolda Banten. Terakhir Kapolda Banten dijabat oleh Irjen Pol Rudy Heriyanto, digantikan oleh Irjen Pol Abdul Karim," kata Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Didik Hariyanto.

1. Rudy menjabat Kapolda Banten sejak 5 Januari 2021

Irjen Pol Abdul Karim Resmi Dilantik Jadi Kapolda BantenDok. Istimewa/Polda Banten

Didik mengatakan, Irjen Rudy menjabat Kapolda Banten sejak 5 Januari 2021 lalu. Kini ia mendapat jabatan baru sebagai Pati Bareskrim Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktural.

"Irjen Pol Abdul Karim, yang sebelumnya menjabat sebagai Karokorwas PPNS Bareskrim Polri, diangkat sebagai Kapolda Banten,” katanya.

2. Abdul Karim pernah menjabat Dirkrimsus Polda Banten di masa Listyo Sigit

Irjen Pol Abdul Karim Resmi Dilantik Jadi Kapolda BantenDok. Istimewa/Polda Banten

Nama Abdul Karim sudah tak asing lagi di Provinsi Banten  Abdul Karim pernah menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Banten pada 2017—2019, semasa Kapolda Banten dijabat oleh Listyo Sigit, yang saat ini jadi Kapolri.

Setelah itu, Karim juga sempat menjabat Kapolres Metro Tangerang Kota pada 2019.

3. Mutasi dalam rangka persiapan pengamanan pemilu

Irjen Pol Abdul Karim Resmi Dilantik Jadi Kapolda BantenDok. Istimewa/Polda Banten

Didik mengatakan, mutasi jabatan bertujuan meningkatkan kinerja hingga promosi dalam sistem pembinaan karier seorang polisi. Mutasi jabatan ini juga dalam rangka persiapan pengamanan pemilu.

"Mutasi jabatan adalah proses alamiah dalam organisasi," katanya.

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya