Pj Gubernur Banten Temukan Anak ASN Daftar SMA Pakai Jalur Afirmasi

Padahal, jalur itu hanya untuk warga kurang mampu

Serang, IDN Times - Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar menemukan salah satu calon peserta didik yang mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur afirmasi dan anak dari Aparatur Sipil Negara (ASN). Jalur afirmasi dikhususkan untuk calon peserta didik baru berasal dari keluarga tidak mampu.

Hal tersebut ditemukan, saat orang nomor satu di Banten itu saat memantau proses hari pertama PPDB di SMAN 2 Kota Serang, Senin (19/6/2023).

Baca Juga: Sebelum Daftar PPDB, Ortu di Kota Tangerang Diimbau Daftar Pra-PPDB

1. Pj gubernur kaget saat mengetahui profesi orangtua calon siswa yang masuk lewat afirmasi

Pj Gubernur Banten Temukan Anak ASN Daftar SMA Pakai Jalur AfirmasiIDN Times/Khaerul Anwar

Dalam Kartu Keluarga yang dilampirkan, tertera bahwa pekerjaan kedua orangtuanya calon siswa itu adalah ASN. Diketahui juga bahwa calon peserta didik itu berasal dari Kelurahan Banjaragung, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang.

Al Muktabar pun sempat terkejut dan geleng-geleng kepala saat di ruang operator melihat profesi orangtua calon siswa yang mendaftar dari jalur afirmasi tersebut. "Tadi ada informasi sepintas dari KK (Kepala Keluarga)," katanya.

Baca Juga: 151 Ribu Lulusan SMP di Banten Tak Tertampung di SMA/SMK Negeri  

2. Al Muktabar meminta pihak sekolah verifikasi faktual ke calon siswa itu

Pj Gubernur Banten Temukan Anak ASN Daftar SMA Pakai Jalur AfirmasiIDN Times/Khaerul Anwar

Kendati demikian, temuan tersebut memerlukan verifikasi faktual termasuk mengonfirmasi alasan anak ASN mengikuti seleksi PPDB melalui jalur afirmasi. Verifikasi faktual itu, kata dia, menjadi tolak ukur calon siswa masuk dalam kategori mampu atau tidak.

“Apakah gajinya habis untuk membayar cicilan apartemen atau seperti apa. Mudah-mudahan dengan verifikasi faktual, data-data akan terbangun secara objektif,” katanya.

3. Selain anak ASN, calon siswa berdomisili jauh dari sekolah 

Pj Gubernur Banten Temukan Anak ASN Daftar SMA Pakai Jalur AfirmasiIDN Times/Khaerul Anwar

Di tempat yang sama, Kepala SMAN 2 Kota Serang Mala Leviana mengatakan, dari data yang dilampirkan calon siswa tersebut berdomisili jauh dari sekolah. Semestinya, jalur afirmasi pun hanya diperuntukan untuk warga yang tidak mampu yang tinggal di sekitar sekolah.

"Nanti ada hari (tahapan) untuk melakukan verifikasi,” katanya.

Baca Juga: PPDB SMA/SMK di Banten, Pj Gubernur: Jangan Ada Siswa Titipan

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya