Hari Pertama Kampanye, Wali Kota Tangsel Ingatkan ASN Jaga Netralitas

Ada puluhan titik pemasangan alat peraga kampanye

Tangerang, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal pelaksanaan kampanye para calon presiden dan calon wakil presiden yang dimulai hari ini, Selasa (28/11/2023).  Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie pun mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) untuk menjaga netralitas.

"itu sudah lama saya sudah terbitkan surat edaran, sampai ke lurah sudah disosialisasi, sudah kita lakukan dan ingatkan ASN untuk menjaga netralitasnya," ujar Benyamin usai peresmian ULP Bintaro Plaza.

Baca Juga: Warga Tangsel Kini Bisa Urus Paspor di Bintaro Plaza

1. Benyamin: ada sanksi pemberhentian bagi ASN yang tidak netral

Hari Pertama Kampanye, Wali Kota Tangsel Ingatkan ASN Jaga NetralitasIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Benyamin mengungkapkan, surat edaran tersebut bukan hanya menjadi pengingat, melainkan memiliki konsekuensi sanksi bagi para ASN yang terlibat dalam politik praktis.

"Sudah ada yang saya berhentikan non-ASN, tenaga TKS (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja/PPPK) karena dia mengikuti kegiatan politik praktis, sudah saya keluarkan. Trus ada staf saya ikut nyaleg, sudah saya berhentikan," tegasnya.

2. Benyamin juga menyebut ada aturan soal pemasangan APK

Hari Pertama Kampanye, Wali Kota Tangsel Ingatkan ASN Jaga NetralitasIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Selain itu, dimulainya kampanye resmi hari ini juga bakal dibarengi dengan pemasangan alat peraga kampanye (APK) oleh tim pemenangan Capres-cawapres maupun para calon legislatif. Namun, pemasangan APK tersebut sudah terdapat aturan yang juga harus dipatuhi tim pemenangan.

"Titik pemasangan alat peraga kampanye (ATK) saya lupa ada berapa titik, tapi ada puluhan tiap kecamatan ada," ungkapnya.

3. Kampanye akbar juga tengah dibahas dengan KPU dan Bawaslu

Hari Pertama Kampanye, Wali Kota Tangsel Ingatkan ASN Jaga NetralitasIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tak hanya pemasangan APK, pihaknya juga tengah memantau pelaksanaan kampanye akbar atau kampanye ruang yang biasanya bakal menghadirkan capres-cawapres. 

"Itu sedang dibahas dengan teman-teman dinas teknis dengan KPU dan Bawaslu. Saya hari ini masih mantau aja nih sampai sejauh mana," tuturnya.

Baca Juga: Alat Peraga Kampanye Dilarang Dipasang di 13 Ruas Jalan Kota Serang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya