Imigrasi Tangerang Perketat Penerbitan Paspor untuk Cegah TPPO

Imigrasi: belum ditemukan kasus TPPO di Banten

Tangerang, IDN Times - Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang memperketat penerbitan paspor untuk mencegah adanya tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Hal tersebut agar tak ada lagi masyarakat Indonesia yang terkena modus bekerja di luar negeri, namun ternyata menjadi korban perdagangan orang.

"Kami perketat verifikasi penerbitan paspor. Jadi saat proses wawancara benar-benar kita perketat maksud dan tujuan saat mengajukan paspor," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Rakha Sukma Purnama saat Rapat Operasi Gabungan Timpora Imigrasi Tangerang, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Patroli, Cegah Warga Buang Sampah di Cipondoh

1. Antisipasi juga dilakukan di seluruh Keimigrasian Wilayah Banten

Imigrasi Tangerang Perketat Penerbitan Paspor untuk Cegah TPPOIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tessa Harumdila, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian mengatakan, antisipasi juga dilakukan di seluruh Kantor Keimigrasian Wilayah Banten. Hal tersebut agar tak ada lagi masyarakat Indonesia yang menjadi korban perdagangan orang.

"Kita sebagai kantor wilayah juga memonitor itu, kegiatan yang ada tindakan mengarah ke TPPO baik di Tangerang, Cilegon, Serang, kita dukung dan antisipasi itu," jelasnya.

2. Imigrasi menempatkan petugas handal untuk analisis pemohon paspor

Imigrasi Tangerang Perketat Penerbitan Paspor untuk Cegah TPPOIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tessa mengungkapkan, salah satu antisipasi yang dilakukan adalah menempatkan petugas handal untuk menganalisis pemohon paspor, di mana kelengkapan dokumen maupun kejujuran pemohon tentang tujuan ke luar negeri.

"Kita di Imigrasi juga menempatkan petugas yang sudah handal yang betul-betul mengetahui orang ini mau bekerja di luar negeri atau tidak. orang yang mau ke luar negeri harus diseleksi lebih dalam, baik dokumen, dari sistem cekalnya, dari Gakkum lain, kita pastikan itu akan diantisipasi agar tidak terjadi," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Orang di Bandara Soetta

3. Belum ada kasus TPPO di Banten

Imigrasi Tangerang Perketat Penerbitan Paspor untuk Cegah TPPOIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Saat ini, kata Tessa, pihaknya belum mendapatkan laporan adanya kasus TPPO di Banten. Meski begitu, pihaknya terus melakukan pengawasan agar tetap tidak terjadi.

"Kita belum lihat adanya kasus tersebut, tapi kita dukung kebijakan pemerintah untuk mengantisipasi adanya TPPO," ungkapnya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya