Pemkab Tangerang Gelontorkan Rp35 Miliar Benahi Sekolah Rusak

Perbaikan ringan bisa menggunakan dana BOS

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Tangerang menggelontorkan Rp35 miliar untuk memperbaiki ruang kelas di sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya. Hal tersebut lantaran terdapat ruang kelas yang mengalami kerusakan ringan hingga berat.

"Untuk APBD murni kalau tidak salah sampai Rp35 miliar kurang lebih dan tambahan di perubahan Rp18 miliar semuanya untuk rehab saja," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang Saifullah, Rabu (12/10/2022).

Baca Juga: HUT ke-390 Kabupaten Tangerang Dipastikan Tak Ada Hiburan

1. Ruang kelas diperbaiki berdasarkan tingkat kerusakan

Pemkab Tangerang Gelontorkan Rp35 Miliar Benahi Sekolah RusakIlustrasi PTM (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Saifullah mengungkapkan, saat ini sudah ada 75 ruang kelas yang bakal segera diperbaiki lantaran sudah masuk postur APBD murni dan perubahan.

"Jadi kami prioritaskan sekolah yang kondisinya sudah mengkhawatirkan," ungkapnya.

Baca Juga: Rekomendasi Bakso Enak di Tangerang Raya

2. Ruang kelas mayoritas rusak pada bagian atap dan plafon

Pemkab Tangerang Gelontorkan Rp35 Miliar Benahi Sekolah RusakIlustrasi PTM (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Saifullah menjelaskan, adapun kerusakan yang mayoritas ada pada ruang kelas tersebut yakni pada bagian atap dan plafon.

"Selebihnya perbaikan dilakukan pada pagar-pagar sekolah yang hampir roboh," jelasnya.

3. Beberapa sekolah di Kabupaten Tangerang rawan bencana

Pemkab Tangerang Gelontorkan Rp35 Miliar Benahi Sekolah RusakSalah satu ruang kelas yang rusak di SMP negeri di Tangerang (Antara/Azmi Samsul Maarif)

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, kata Saifullah, ada beberapa sekolah dianggap rawan bencana alam. Oleh karena itu, perbaikan dan rehabilitasi bangunan sekolah dianggap perlu dilakukan secepatnya, agar tidak menimbulkan dampak negatif, terutama di musim hujan seperti saat ini.

"Kalau rawan banjir di wilayah Pasarkemis, karena berdekatan dengan situ. Kita bekerja sama dengan pimpinan desa, biasanya kalau hujan deras air masuk ke sekolah. Tapi tidak ada yang sampai diliburkan karena banjir dan sebagainya, jangan sampailah," kata dia.

4. Perbaikan sekolah bakal bisa gunakan dana BOS

Pemkab Tangerang Gelontorkan Rp35 Miliar Benahi Sekolah RusakIlustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dasar. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Adapun ke depannya, lanjut Saifullah, perbaikan bangunan sekolah yang rusak di wilayah Kabupaten Tangerang juga bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). 

"Seperti instruksi Bapak Bupati dan sesuai Permendikbud RI untuk rehab ringan, selain dana yang diberikan pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten," jelasnya.

Baca Juga: Mayat Penuh Luka Ditemukan di Tangerang, Polisi Duga Korban Pembunuhan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya