Pengangguran Kota Tangerang Turun Jadi 6,79 Persen

Tangerang dinilai terbaik dalam reformasi birokrasi tematik

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang meraih predikat yang terbaik di Indonesia dalam implementasi reformasi birokrasi dalam tata kelola pemerintahan. Hal tersebut berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Pemkot Tangerang pun penghargaan sebagai Instansi Pemerintah dengan Implementasi Reformasi Birokrasi Tematik Terbaik Tahun 2023 yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin kepada kepada Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/12/2023).

Arief pun mengapresiasi penghargaan itu. "Semoga kita bisa melakukan lebih baik lagi untuk Kota Tangerang," ucap Arief pada Kamis (7/12/2023).

Baca Juga: Musim Hujan, BPBD Kota Tangerang Minta Warga Waspadai Ini

1. Tingkat pengangguran turun menjadi 6,79 persen

Pengangguran Kota Tangerang Turun Jadi 6,79 PersenPexel.com

Arief menerangkan, atas upaya-upaya tersebut, Pemkot Tangerang telah menurunkan angka pengangguran hingga kemiskinan yang ada di wilayahnya.

"Tingkat pengangguran Terbuka turun dari 9,07 persen ke 6,79 persen di tahun 2023, kemudian realisasi investasi kita juga naik di tahun 2023 sebesar Rp54,36 triliun dan masuk yang tertinggi di Banten, inflasi year on year kota Tangerang di Oktober 2023 sebesar 2,32 persen, angka kemiskinan termasuk kemiskinan ekstrem juga turun," jelasnya, Kamis (7/12/2023).

2. Pemkot Tangerang juga berupaya buat UMKM naik kelas

Pengangguran Kota Tangerang Turun Jadi 6,79 PersenIDN Times/Muhamad Iqbal

Arief mengungkap, Pemkot Tangerang telah melakukan upaya-upaya konkret untuk melakukan reformasi birokrasi tematik yang fokus pada lima sasaran, yaitu Penanggulangan Angka Kemiskinan, Peningkatan Realisasi Investasi, Pengendalian Tingkat Inflasi, Digitalisasi Administrasi Pemerintahan, Peningkatan Produk Dalam Negeri.

Untuk peningkatan produk dalam negeri, Pemkot Tangerang mendorong usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) untuk naik kelas, lewat program kerja sama dengan mini market dan juga beberapa hotel berbintang. "Banyak produk UMKM kita yang sudah punya etalase sendiri di mini market dan hotel berbintang," imbuhnya.

Arief juga berterima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Tangerang atas kerjasama dan sama - sama bekerja dalam pengabdian di Kota Tangerang.

3. Menteri PAN RB sebut ada 12 daerah yang implementasi reformasi birokrasi terbaik

Pengangguran Kota Tangerang Turun Jadi 6,79 PersenDok. Pemkot Tangerang

Sementara itu, Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas yang turut hadir dalam acara tersebut mengungkapkan, dalam rangka mewujudkan RB Berdampak melalui RB Tematik, setiap instansi pemerintah diminta untuk menyusun rencana aksi yang konkret dan kolaboratif dalam menyelesaikan permasalahan tematik di daerahnya masing-masing. Tercatat sebanyak 32 provinsi, 424 kabupaten/kota, serta 76 kementerian/lembaga telah menetapkan rencana aksi dan melaporkan progresnya kepada Kementerian PAN RB.

"Dari hasil evaluasi RB Berdampak yang kami lakukan, terdapat 12 pemerintah daerah dengan pengimplementasian RB Tematik terbaik pada semua tema. Komitmen dan antusiasme instansi pemerintah dalam implementasi RB perlu terus dijaga dan ditingkatkan seiring dengan tuntutan agar birokrasi dapat memberikan pelayanan terbaik dan turut berdampak nyata bagi masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Biomedical Campus Bakal Jadi Health Tourism di Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya