Ridwan Kamil Akan Pimpin Salat Jenazah untuk Eril di Pakuan Bandung

Warga boleh hadiri pemakaman Eril di Cimaung

Tangerang, IDN Times - Gubernur Ridwan Kamil bakal memimpin langsung Salat Jenazah bagi putra Sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz,  Minggu (12/6/2022). Salat jenazah tersebut rencananya akan dilakukan di Gedung Pakuan, Bandung.

"Selepas selesai acara salat jenazah, maka warga, publik yang ingin juga mendoakan akan diberikan kesempatan mulai pukul 23.00 hingga 08.00 WIB pagi," ujar Erwin Muniruzan, Kakak Ridwan Kamil di Kargo Jenazah.

Baca Juga: Rombongan Keluarga Emmeril Kahn Sudah Berangkat dari Doha

Baca Juga: Pengelola Bandara Soetta Siapkan Personel Sambut Jenazah Emmeril Kahn

1. Jenazah kemudian akan diberangkat ke pemakaman pada Senin pagi

Ridwan Kamil Akan Pimpin Salat Jenazah untuk Eril di Pakuan BandungRidwan Kamil dan Eril. google

Erwin mengungkapkan, pada Senin (13/6/2022) sekitar pukul 09.00 WIB, jenazah akan diberangkatkan ke Cimaung, Kabupaten Bandung.

"Itu lahan Islamic Center milik keluarga besar," jelasnya.

2. Warga boleh hadiri pemakaman Eril

Ridwan Kamil Akan Pimpin Salat Jenazah untuk Eril di Pakuan BandungIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Erwin pun menegaskan, warga boleh menghadiri pemakaman Eril tersebut, namun hal ini disesuaikan dengan situasi di lokasi pemakaman. Erwin mengungkap, nanti petugas akan mengatur waktu dan siapa-siapa saja yang bisa masuk ke areal makam sehingga pemakaman bisa berjalan kondusif. 

"Diharapkan kepada keluarga dan tokoh yang akan hadir serta warga sudah dapat ada di lokasi pukul 10 pagi sehingga prosesi pemakaman dapat dilaksanakan pada pukul 11 pagi dan berakhir tengah hari. Setelah itu lahan atau area akan dibuka aksesnya untuk warga lainnya yang belum melaksanakan ziarah kubur," jelasnya.

3. Rombongan keluarga pengantar jenazah Eril sudah berangkat dari Doha, Qatar

Ridwan Kamil Akan Pimpin Salat Jenazah untuk Eril di Pakuan BandungSalam perpisahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama keluarga bagi putra sulung mereka, Eril, sebelum kembali ke Indonesia. (www.twitter.com/@teguh_korjakbdg)

Sebelumnya, rombongan keluarga yang membawa jenazah ril sudah berangkat dari Bandara di Doha, Qatar menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Rombongan pun diperkirakan tiba di Tanah Air pada pukul 15.45 WIB.

"Setibanya di tanah air rombongan dan jenazah akan dibawa ke sini, ke lokasi cargo jenazah human remains transit lounge," kata Erwin.

Baca Juga: Proses Kedatangan Jenazah Eril di Soetta Dilakukan Secepat Mungkin

4. Sempat hilang usai berenang di Sungai Aare, Eril ditemukan meninggal dunia

Ridwan Kamil Akan Pimpin Salat Jenazah untuk Eril di Pakuan BandungJarak antara lokasi Emmeril Khan Mumtadz berenang dengan jenazahnya ditemukan pada Rabu, 8 Juni 2022 lalu di Swiss. (Tangkapan layar Google Map)

Diberitakan sebelumnya, Eril dinyatakan hilang terbawa arus setelah berenang di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5/2022). Setelah belasan hari pencarian, tubuh Eril ditemukan polisi Swiss tersangkut di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu (8/6/2022). 

Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil mengatakan, meski sudah lewat 14 hari, tetapi jenazah Eril dalam kondisi utuh. "Jasadnya lengkap, tidak kurang satu apapun. Wajahnya rapih menengok ke kanan," kata dia. 

"Saya bersaksi jasad Eril wangi seperti wangi daun eucalyptus. Sungguh mukjizat kecil yang sangat kami syukuri," tutur dia lagi. Kang Emil berencana memakamkan putranya pada Senin (13/6/2022).

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya