Sekda Kota Tangerang Bolehkan ASN Nyalon Wali Kota, Asal...

Ada tiga kepala dinas yang dikabarkan bakal mencalonkan diri

Tangerang, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman mempersilakan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintahan Kota Tangerang jika ingin mencalonkan diri menjadi Wali Kota - Wakil Wali Kota Tangerang pada kontestasi Pilkada 2024.

"Saya rasa itu hak setiap warga negara berhak mencalonkan dan dicalonkan," kata Herman, Senin (6/5/2024).

Baca Juga: AHY Perintahkan Demokrat Tangsel Dukung Benyamin-Pilar di Pilkada 2024

1. Sekda minta para ASN mengerjakan tugas selama masih menjabat

Sekda Kota Tangerang Bolehkan ASN Nyalon Wali Kota, Asal...Dok. Pemkot Tangerang

Meski mempersilakan, Herman menegaskan para ASN tersebut wajib melaksanakan tugasnya dengan baik selama masih memegang jabatan yang diembannya di lingkup Pemerintahan Kota Tangerang.

"Selama menjalankan tugas dia fokus pada pekerjaannya, dan nanti barangkali sesuai ketentuan pengunduran diri setelah penetapan calon," tegasnya.

Baca Juga: Cabup Tangerang Independen Wajib Kantongi 152 Ribu Dukungan

2. Sekda minta ASN lainnya untuk netral

Sekda Kota Tangerang Bolehkan ASN Nyalon Wali Kota, Asal...Dok. Pemkot Tangerang

Herman pun meminta kepada para ASN lainnya untuk tetap netral dan tak terlihat politik praktis atau memihak kepada salah satu calon meskipun pernah menjabat di Dinas tertentu.

"Kami berharap agar sesuai dengan ketentuan yang berkalu bahwa PNS itu harus netral, dan tidak berpihak kepada salah satu calon. Kami berharap agar netralitas ini bisa dijaga, dan juga jangan terlibat politik praktis," paparnya.

3. Dikabarkan ada tiga kepala dinas yang bakal ikut kontestasi Pilkada 2024

Sekda Kota Tangerang Bolehkan ASN Nyalon Wali Kota, Asal...Dok. Pemkot Tangerang

Untuk diketahui, sejauh ini dikabarkan ada tiga kepala dinas yang akan mencalonkan diri, yakni Kepala Dinas Pendidikan Jamaluddin; Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maryono Hasan; dan Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Kaonang.

Bahkan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin sudah memastikan diri untuk ikut serta dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024. Jamaluddin mengaku, siap untuk menjadi Wali Kota Tangerang ataupun ditunjuk menjadi Wakil Wali Kota Tangerang.

"Bisa jadi Calon Wali Kota Tangerang, bisa juga jadi Calon Wakil Wali Kota Tangerang, ya tergantung keinginan masyarakat, keinginan stakeholder seperti apa yang bisa menyamakan visi dan misi ke depannya," ujar Jamaluddin kepada awak media, Kamis (2/5/2024).

Baca Juga: Jumlah Warga Miskin Kabupaten Tangerang Naik 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya