Tinjau Bandara Soetta, Menhub Minta Citilink dan Garuda Beroperasi

Untuk melayani penumpang yang memenuhi syarat

Tangerang, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa (11/5/2021). Kunjungan tersebut dilakukan untuk memantau pergerakan penumpang selama masa peniadaan mudik yang berlangsung mulai 6 - 17 Mei 2021. 

Dalam kunjungan tersebut, Budi Karya memastikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta tetap membuka pelayanan saat masa peniadaan mudik. 

"Kita tetap memberikan kesempatan pergerakan kepada mereka yang membutuhkan (untuk terbang)," ujar Budi Karya. 

Baca Juga: Peniadaan Mudik, Ini Aturan di Bandara Soetta

1. Minta maskapai Citilink dan Garuda tetap beroperasi

Tinjau Bandara Soetta, Menhub Minta Citilink dan Garuda BeroperasiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Budi Karya meminta kepada pihak maskapai Citilink dan Garuda Indonesia untuk tetap beroperasi selama masa peniadaan mudik. 

"Tentunya untuk yang akan terbang dengan memenuhi syarat sehingga kita tidak membatasi jika mereka memang memenuhi syarat," ujar Budi Karya. 

2. Minta Satgas memeriksa sesuai prosedur

Tinjau Bandara Soetta, Menhub Minta Citilink dan Garuda BeroperasiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Budi Karya menuturkan, pihaknya juga meminta Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 udara untuk melakukan tugas sesuai dengan protokol kesehatan dan standar operasional prosedur (SOP) baik untuk penumpang yang berangkat maupun yang datang. 

"Secara khusus langsung saya sampaikan kepada Satgas untuk mengamati secara baik proses keberangkatan dari Bandara dan tempat Karantina," jelasnya. 

Tak hanya itu, ia pun meminta seluruh pihak bersiap akan adanya peningkatan pergerakan penumpang signifikan setelah adanya masa peniadaan mudik atau setelah tanggal 17 Mei 2021. 

"Memantau secara khusus mutlak fasilitas dari pada ruang karantina mengingat mulai tanggal 17 Mei kemungkinan ada peningkatan sehingga kepada rekan AP2 (Angkasa Pura II) mulai tgl 17 Mei akan antisipasi kenaikan sehingga pelayanan dipersiapkan dengan baik," jelasnya.

3. Penerbangan charter stop beroperasi selama peniadaan mudik

Tinjau Bandara Soetta, Menhub Minta Citilink dan Garuda BeroperasiIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tak hanya itu, Budi Karya juga menegaskan bahwa tidak membuka penerbangan charter atau sewaan selama masa peniadaan mudik. 

"Jadi kalaupun ada setelah tanggal 18 Mei setelah kita lakukan evaluasi apabila itu dianggap perlu," kata dia.

Baca Juga: Pengelola Bandara Soetta Dalami Soal Protokolernya Jadi Joki Karantina

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya